ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI MARKETING MIX DAN STRENGTH, WEAKNESS, OPPURTUNITY dan THREATS PADA COFFEE SHOP 651 GINKAS KECAMATAN BARUSJAHE
DOI:
https://doi.org/10.37253/jgbmr.v4i2.7238Keywords:
Marketing, Marketing Mix, Marketing Strategy, SWOT, CoffeeshopAbstract
Saat ini kopi menjadi salah satu alternatif usaha yang bisa dikatakan menarik untuk dikembangkan dan dijadikan usaha. Coffee shop 651 Ginkas Basam adalah salah satu coffee shop yang lagi hits dikota Berastagi yang terus mengalami perkembangan signifikan dari bulan ke bulan. Perkembangan ini harus dipersiapkan oleh manajemen agar dapat menyiapkan alternatif pemasaran yang strategis agar dapat bertahan pada posisinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis keterkaitan atau hubungan rencana pemasaran pada Coffee shop 651 Ginkas Basam Kecamatan Barusjahe, faktor-faktor internal maupun eksternal serta menganalisa alternatif strategi yang di gunakan dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk mengatasi kelamahan dan ancaman. Desain pada penelitian ini menggunakan desain kualitatif dan teknik penelitian studi kasus. Alat analisis yang digunakan yaitu menggunakan matriks IFE, EFE, IE, SWOT, lalu QSP. Berdasarkan analisis faktor internal dan eksternal, selanjutnya dilakukan tahap pencocokan dengan metode matriks IE dan matriksSWOT. Hasil dari matriks IE menunjukkan bahwa perusahaan tersebut berada pada posisi tumbuh dan bina. Empat strategi alternatif dirumuskan dari hasil matriks SWOT dan QSP dengan strategi prioritas pertama adalah dengan meningkatkan kegiatan promosi. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik random sampling.