Field Soil Investigation Analysis Using Drilling Methods for Planning the Construction of IKN Access Roads

Main Article Content

Erika Anggelina Manik
Jody Martin Ginting

Abstract

Geotechnical drilling is a method of soil investigation to determine soil parameters for construction. Even though many service providers and contractors carry out geotechnical drilling in Indonesia, some companies still do not comply with standard rules and guidelines. Geotechnical drilling for the IKN Access Road Construction Planning Project is carried out in accordance with applicable provisions and guidelines. The soil conditions at this location are generally very good so no special construction is required. Errors encountered in geotechnical drilling include cleaning the hole before SPT testing, uneven drill handle length, inappropriate UDS sampling, and SPT hammers that do not meet specifications, etc., inaccurate identification of soil type, number of hammer blows per minute. not according to specifications, as well as sample transportation and storage processes that do not comply with specifications.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Maryadi, E., Anam, S., Ramadhan, T., & Putra, A. S. (2023). Analisis Penyelidikan Uji Tanah Sondir Untuk Daya Dukung Permukaan Tanah dan Rekomendasi Pondasi Proyek New Plant di Pekanbaru Riau. Prosiding Sains dan Teknologi, 2(1), 444-454.

Artanti, A., & Siregar, A. C. (2022). Analisa Daya Dukung Tanah Berdasarkan Data N-Spt dan Sondir pada Pembangunan Masjid Istiqlal Jalan Jakarta Kecamatan Loa Bakung Kota Samarinda.

Hartono, J., Khoiroh, U., & Saleh, M. (2022). Stabilitas Tanah Timbunan Sisi BH-1 Proyek Jalan Akses Pembangunan Jembatan Pulau Balang II. Bentang: Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, 10(1), 1-10.

Alwi, A. KORELASI DAYA DUKUNG TANAH DASAR YANG DIDAPAT DARI HASIL UJI SONDIR (CONE PENETRATION TEST), DYNAMIC CONE PENETROMETER (DCP) DAN PLATE BEARING TEST. JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 7(1).

Kurniangga, A. G. (2019). Geologi dan potensi longsor pada perencanaan pembangunan jalan Tol Cisumdawu fase II Sumedang, Jawa Barat dengan data SPT, batas atterberg dan uji triaksial. SKRIPSI-2018.

Nawir, H., Apoji, D., Fatimatuzahro, R., & Pamudji, M. D. (2012). Prediksi penurunan tanah menggunakan prosedur observasi Asaoka studi kasus: Timbunan di Bontang, Kalimantan Timur. Jurnal Teknik Sipil ITB, 19(2), 133-148.

Studi Stabilisasi Tanah Ekspansif dengan Penambahan Pasir untuk Tanah Dasar Konstruksi Jalan (Sutikno dan Denny Yatmadi 2010). Pada penelitian ini dengan menambahkan pasir sebagai bahan stabilisasi didapat hasil nilai CBR yang meningkat pada persentase 10%.

Pemanfaatan Campuran Pasir dan semen sebagai Bahan Stabilisasi Tanah Lempung Tanon Sragen (Muh. Abduh 2013). Pada penelitian ini dengan penambahan pasir dan semen didapat nilai CBR yang mengalami peningkatan terbesar pada persentase pasir 30% dan semen 15% .

Analisis Daya Dukung Tanah Lempung yang Distabilisasi dengan Kapur dan Pasir (Risman 2011). Pada penelitian ini dengan menambahkan kapur dan pasir didapat hasil nilai CBR yang mulai meningkat pada persentase 10%.Soewandita, H. (2008). Studi muka air tanah gambut dan implikasinya terhadap degradasi lahan pada beberapa kubah gambut di Kabupaten Siak. Jurnal Air Indonesia, 4(2).

Taneo, F. (2022). ANALISIS METODE PELAKSANAAN UNDERCONSTRUCTION JEMBATAN (Studi Kasus Rehabilitasi Jalan dan Pembangunan Jembatan Siangan-Lokasrana) (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).

Pramesty, A. (2020). Analisis Deformasi Tanah Pada Titik Bor 1 Hasil Pengujian Sondir Di Hutahuruk, D. M. (2022). Analisis Kekuatan Pondasi Tiang Pancang Pada Proyek Pembangunan Jembatan Jalan Bebas Hambatan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.