Persepsi Pengguna Ojek Online di Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Analisis Faktor Eksploratori
DOI:
https://doi.org/10.37253/jcep.v3i1.6218Keywords:
Perilaku, Persepsi, Ojek Online, Eksploratory factor analysisAbstract
Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang besar sehingga memaksa perusahan penyedia jasa ojek online untuk tetap menjaga kualitas pelayanan yang disesuaikan dengan peraturan dan protokol kesehatan agar dapat menekan laju penyebaran virus. Hal tersebut mempengaruhi persepsi dan perilaku masyarakat dalam menggunakan transportasi ojek online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan perilaku sehingga dapat diketahui faktor yang mempengaruhi penggunaan ojek online di masa pandemi COVID-19. Pengambilan data menggunakan formulir online dengan metode convenience sampling dan metode analisis yang digunakan adalah Exploratory Factor Analysis (EFA). Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh 6 faktor yang mempengaruhi penggunaan ojek online di masa pandemi yaitu faktor protokol kesehatan, keselamatan, kemauan, layanan kesehatan, kinerja ojek online dan kepuasan pengguna angkutan barang.