Evaluasi Tebal Perkerasan Kaku Apron Bandara Mutiara Sis Al-Jufri

Main Article Content

Aprilia Wulandari
Suryo Hapsoro Tri Utomo
Suprapto Siswosukarto

Abstract

Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri merupakan salah satu bandara yang mengalami peningkatan permintaan akan lalu lintas udara. Adanya permintaan perjalanan udara yang meningkat setiap tahunnya diharapkan juga selaras dengan kinerja pada fasilitas sisi udara Bandar Udara tersebut sehingga dapat melayani peningkatan permintaan yang terjadi, khususnya pada apron. Penelitian ini dimaksudkan bertujuan untuk mengevaluasi perkerasan kaku apron Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu serta memperoleh hasil perhitungan konstruksi perkerasan apron yang direncanakan agar mampu melayani lalu lintas pesawat sesuai dengan pertumbuhan lalu lintas pesawat yang direncanakan dengan menggunakan pesawat tipe Boeing 737-900ER sebagai pesawat rencana. Evaluasi perkerasan kaku apron dilakukan dengan menggunakan metode FAA (Federal Aviation Administration) dengan pesawat Boeing 737-900 ER sebagai pesawat rencana. Berdasarkan hasil evaluasi tebal perkerasan kaku untuk kondisi eksisting menggunakan pesawat rencana tipe Boeing 737-900 ER diperoleh tebal slab beton sebesar 36 cm dan subbase sebesar 15 cm, sedangkan tebal perkerasan untuk 20 tahun mendatang diperoleh tebal slab beton sebesar 41 cm dan subbase 15 cm. Sehingga perlu dilakukan penambahan pada tebal slab beton sebesar 5 cm sehingga dapat memikul beban lalu lintas pesawat untuk 20 tahun mendatang. Sedangkan untuk subbase course tidak perlu dilakukan konstruksi kembali sehingga perkerasan tersebut dapat melayani lalu lintas pesawat untuk 20 tahun mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles