Pengembangan Videografi Makanan di Pasar Malam Taiwan Berbasis Research and Development
DOI:
https://doi.org/10.37253/joint.v3i3.7330Keywords:
Video blog, Promosi, Pasar malam, MDLC, RnD.Abstract
Pasar malam di negara Taiwan merupakan tempat kuliner yang menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung, selain juga tempat ini menjadi ajang pertemuan anak-anak muda yang ingin memiliki kesempatan untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan dalam hal menikmati makanan khas daerahnya sambil bersosialisasi dengan sesama pendatang. Penelitian ini dirancang untuk memecahkan masalah yang dihadapi para pendatang dalam hal mencari makanan pasar malam yang terbaik di Taiwan khususnya di kota Taipei. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengembangkan videografi pasar malam di Taipei. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (RnD), dimana peneliti meninjau fenomena dan fakta yang ada di pasar malam kota Taipei, dan kemudian mengembangkan video dengan menggunakan perancangan berbasis Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Video yang telah dihasilkan menjadi media promosi untuk mempromosikan pasar malam di Taipei, bagi para wisatawan dan pendatang, dan juga memberikan informasi kepada mereka tentang variasi makanan pasar malamnya.