Design and Development of Video Reviews as Advertising Media on Marketplace Websites Using Research & Development Methods
DOI:
https://doi.org/10.37253/joint.v4i1.6551Abstract
Promosi merupakan kegiatan penting dalam pemasaran. Keberhasilan suatu pemasaran ter-gantung sebagaimana cara promosi tersebut dilakukan. Bentuk promosi yang efektif mem-iliki beberapa unsur yang terdiri dari periklanan, personal selling, sales promotion, dan pub-lisitas Promosi merupakan sebuah kegiatan dalam pemasaran yang mempunyai tingkatan suatu keberhasilan yang dinilai dari bagaimana cara promosi tersebut dikerjakan. bentuk dari promosi mempunyai video yang sangat lengkap mulai dari visualisasi nyata, gambar gerak, unsur suara yang disebut dengan multimedia. video riview merupakan komunikasi pemasaran yang dapat mempengaruhi proses keputusan dalam pembelian. Braindo merupa-kan sebuah e-commerce marketplace yang mempunyai fokus utama peralatan terhadap kebutuhan rumah tangga. Perancangan ini menggunakan metode research & development yang di mana pada tahap riset, penulis melakukan analisa data hasil kuesioner dan juga wawancara terhadap tiga pasangan suami istri yang didapatkan data mentah berupa hasil kueseioner. Setelah itu pada tahap development, penulis merancang video review sebagai media iklan.