Analisa Pengaruh Kualitas Desain Website Terhadap Minat Beli Online Travel Agent
DOI:
https://doi.org/10.37253/joint.v4i1.6331Keywords:
kualitas desain website, minat beli, online travel agent, websiteAbstract
Indonesia salah satu negara dengan pengguna jaringan internet sebesar 143.26 juta pengguna dan mendapatkan peringkat ke 5 terbesar di dunia. Pengguna internet mempengaruhi perubahan perilaku belanja konsumen di Indonesia, dari toko offline menjadi toko online. E-commerce menempati urutan kedua di Indonesia dalam kategori travel dan menghasilkan $2.417 di tahun 2018. Tiket.com sebagai salah satu online travel agent merupakan e-commerce berbasis business to customer (B2C). Tiket.com diluncurkan pada tahun 2011, namun dalam ranking popular brand index 2017 Tiket.com menduduki urutan kedua dan memiliki tingkat minat beli pelanggan sebesar 11.8. Secara ideal, perusahaan Tiket.com dapat menjadi peringkat pertama sebab perusahaan diluncurkan pertama kali di bidang agen travel online. Penelitian ini, akan mempelajari dan menganalisis kualitas desain website Tiket.com terhadap minat beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan masukan dalam mendesain dan mengembangkan website Tiket.com untuk meningkatkan minat pengguna. Penelitian ini menggunakan analisis partial least squares (PLS) 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ole dipengaruhi oleh kualitas desain website, kualitas produk dan informasi yang dirasakan sebesar 66.2%. Kualitas desain website dapat dijelaskan melalui prediktornya, yaitu desain dan daya tarik visual serta inovasi sebesar 55.2%. Dari enam hipotesis yang diajukan seluruh hipotesis berpengaruh positif signifikan.