Penerapan Artificial Intelligence pada Aplikasi Chatbot sebagai Sistem Pelayanan dan Informasi Online pada Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.37253/joint.v4i3.6296Keywords:
Teknologi, kecerdasan buatan, chatbot, sekolah, layanan informasi onlineAbstract
Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah membuat segala aspek di kehidupan manusia pun dapat terlaksana lebih praktis dan efisien, terutama penggunaan teknologi dengan kecerdasan buatan. Sekolah merupakan suatu lembaga yang berdiri dengan tujuan untuk mengajar siswa/siswi di dalam kontrol guru/pendidik. Sekolah sendiri terdiri dari masing-masing tingkatan, yaitu dari Taman Kanak-Kanak (TK) sampai Sekolah Menengah (SMP dan SMA/SMK). Selain itu, terdapat sekolah yang terdiri dari gabungan beberapa tingkatan tersebut. Dengan adanya beberapa tingkatan yang terdapat di suatu sekolah, maka semakin banyak pula jumlah siswa/siswi yang terdapat dalam sekolah tersebut. Hal itu tentunya dapat mengganggu keefektifan layanan sekolah. Oleh karena itu, penelitian penerapan aplikasi chatbot ini untuk (1) Membahas peningkatan keefektifan pelayanan informasi suatu sekolah yang memiliki beberapa tingkatan pendidikan, dan (2) Membahas solusi yang dapat membantu siswa/siswi untuk mendapatkan informasi mengenai sekolah yang akurat dimanapun dan kapanpun hanya melalui aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur berdasarkan beberapa publikasi yang telah diulas sebelumnya. Setelah dilakukan studi literatur, dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi chatbot kecerdasan buatan sebagai sistem pelayanan dan informasi daring pada sekolah dapat meningkatkan mutu pelayanan dan informasi di sekolah menjadi lebih efektif dan efisien.