Perancangan Game Visual Novel Untuk Anak SD Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.37253/joint.v2i3.6268Keywords:
media pembelajaran, visual novel, renpy, android, windows.Abstract
Berkembangnya teknologi informasi yang telah mempengaruhi proses belajar mengajar merupakan latar belakang pembuatan penelitian ini. Dibanding dengan pembelajaran yang bersifat konvensional, pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran multimedia jauh lebih mudah digunakan dan siswa juga lebih mudah mengerti pembelajaran karena lebih menarik perhatian. Media pembelajaran dirancang sebagai game sehingga siswa bisa bermain sekaligus belajar. Maka itu penulis merancang game visual novel ini dengan tujuan meningkatkan kualitas belajar mengajar dalam pembelajaran bahasa inggris yang merupakan tema media pembelajaran ini. Penulis menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai panduan dalam menyelesaikan penelitian secara lancar. Media pembelajaran dibuat dengan menggunakan program aplikasi Renpy dengan aplikasi pembantu lainnya yaitu Coreldraw dan The Sims 4. Media pembelajaran ini berbasis windows dan android.