Perancangan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pakaian Adat Tradisional di Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37253/joint.v2i1.4434Keywords:
Augmented Reality, Android, Media Pembelajaran, Pakaian Adat Tradisional, MDLCAbstract
Perkembangan teknologi telah meningkat sangat cepat di berbagai aspek, salah satunya ialah teknologi Augmented Reality (AR) dibidang pendidikan. Proses belajar mengajar yang sering diterapkan masih mengadopsi buku dan gambar 2D dianggap kurang menarik sehingga siswa menjadi cepat bosan. Dengan pemanfaatan teknologi augmented reality, pembuatan media pembelajaran menjadi semakin menarik dan menyenangkan bagi siswa karena mereka bisa membayangkan model 3D secara realtime dengan menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual yang ditampilkan melalui smartphone. Rancangan aplikasi augmented reality dibuat dengan memanfaatkan perangkat lunak Unity 3D dan perancangan model 3D menggunakan perangkat lunak Marvelous Designer kemudian pemberian design tampilan dan texture pada pakaian adat tradisional menggunakan perangkat lunak adobe photoshop. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah merancang sebuah aplikasi media pembelajaran augmented reality berbasis android sebagai pengenalan pakaian adat tradisional di Indonesia dalam bentuk object 3D dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang diharapkan dapat membantu mempermudah siswa dalam mempelajari berbagai macam pakaian adat tradisional di Indonesia. Hasil dari pengujian aplikasi ini menunjukan bahwa aplikasi media pembelajaran ini layak digunakan sebagai alat peraga dalam proses belajar dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang pakaian adat tradisional di Indonesia.