Pengaruh Implementasi Sistem Informasi Spx Express Terhadap Kinerja Kurir Menggunakan Metode PIECES

Authors

  • M Miftakhul Huda Universitas Bina Sarana Informatika
  • Reza Anjar Ramadhan Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dewi Laraswati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Heny Sumarno Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.37253/joint.v6i3.11393

Keywords:

Sistem Informasi, SPX Express, Metode PIECES, Kepuasan Pengguna

Abstract

Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia telah mendorong peningkatan kebutuhan akan layanan logistik yang cepat dan efisien. Salah satu penyedia layanan pengiriman, SPX Express, memanfaatkan sistem informasi berbasis aplikasi untuk meningkatkan kinerja kurir. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh implementasi sistem informasi SPX Express terhadap kinerja kurir di Hub Pamulang dengan menggunakan metode PIECES, yang mencakup enam dimensi: PerformanceInformationEconomyControlEfficiency, dan Services.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara yang dibagikan kepada 63 responden. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh item instrumen dinyatakan valid, sementara nilai reliabilitas Cronbach’s Alpha sebesar 0,870 menandakan tingkat konsistensi yang tinggi. Rata-rata skor kepuasan pengguna terhadap aplikasi mencapai 4,29 (kategori “Sangat Puas”), dengan nilai tertinggi pada aspek Services (4,34) dan Efficiency (4,33). Temuan ini menunjukkan bahwa sistem informasi SPX Express telah efektif dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja kurir. Namun demikian, penelitian ini masih terbatas pada lingkup kurir di satu Hub dan belum mencakup perspektif pengguna lain. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan responden serta menambahkan analisis terhadap aspek lain, seperti kepuasan pelanggan atau efisiensi manajemen internal, agar hasil penelitian lebih komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Syafrianita, A. Purnomo, and M. Faisal Nasrudin, “Investigasi Hubungan Antara Advanced Technology, Logistics Service Cost, Dan Logistics Performance Di Shopee Express Bandung Raya,” L. J., vol. 6, no. 1, pp. 253–265, 2025, doi: 10.47491/landjournal.v6i1.4038.

J. Nasri, K. Khoiriyah, and D. Romadoni, “Analisa Metode PIECES Dalam Rekayasa Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Berbasis Web,” JRIS J. Rekayasa Inf. Swadharma, vol. 3, no. 1, pp. 61–68, 2023, doi: 10.56486/jris.vol3no1.296.

R. Andriani, A. Farand, B. Mahesa, and L. Dwi, “Analisis Faktor Kesulitan Perusahaan Ekspedisi Dalam Menerapkan Digitalisasi Logistik di Era Industri 4 . 0 Analysis of Expedition Company Difficulty Factors in Implementing Logistics Digitalization in the Industry 4 . 0 Era,” vol. 17, no. 01, pp. 36–47, 2024.

P. Melinda, J. N. U. Jaya, and A. Hermawansyah, “Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Aplikasi Shopee Menggunakan Metode PIECES Framework,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, p. 436, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.4049.

A. A. Qalbia, A. Sutrisna, S. P. Lestari, F. Ekonomi, D. Bisnis, and U. Perjuangan Tasikmalaya, “Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Kurir Shopee Express Ciamis,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 12, pp. 4295–4298, 2024.

E. 2024 Septiani, “1* , 2 1,2,” vol. 3, no. 1, pp. 39–52, 2024.

Veronika Natalia, Nur Nawaningtyas Pusparini, and Sandri Sagitarius Sarumaha, “Analisis Sistem Kinerja SIAKAD untuk Pembayaran SPP Mahasiswa pada STMIK Widuri dengan Metode PIECES,” Modem J. Inform. dan Sains Teknol., vol. 2, no. 4, pp. 229–244, 2024, doi: 10.62951/modem.v2i4.266.

I. K. Rachmawati, T. Pradiani, A. R. Alamsyah, A. Hadi, and S. Hidayatullah, “Application of the PIECES Framework Method in the Analysis of User Satisfaction Levels of Oasis Application Services,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 102, no. 24, pp. 9041–9047, 2024.

A. M. Bimantara, L. O. H. Dotulong, and V. P. K. Lengkong, “Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pada Kurir Pt J&T Express Manado Pada Masa Pandemi Covid-19,” Emba, vol. 9, no. 4, pp. 1261–1271, 2021.

A. R. Pratama, W. Irsyad, R. H. Hassan, and M. Rawat, “Pemanfaatan Google Form sebagai Alat Evaluasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Iqra J. Ilmu Kependidikan dan Keislam., vol. 19, no. 1 SE-Articles, p. 58~74, 2024.

V. L. Bianto and J. I. Sihotang, “Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Microsoft Teams di SMA Advent Purwodadi Dengan PIECES Framework,” CogITo Smart J., vol. 8, no. 2, pp. 514–523, 2022, doi: 10.31154/cogito.v8i2.421.514-523.

J. Irawan, A. A. A. T. Handayani, and L. H. N. Zohri, “Operasionalisasi IBM SPSS 21 untuk Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Olah Data Penelitian Mahasiswa,” J. Pengabdi. Magister Pendidik. IPA, vol. 4, no. 2, 2021, doi: 10.29303/jpmpi.v4i2.660.

R. Budiwaskito, “Probabilitas dan Statistik-Sem. I Tahun,” no. 18209003, 2020.

K. E. Hadiputra, B. Zaman, S. Bahri, and T. Informatika, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI BELI . IN MENGGUNAKAN,” no. 02, 2024.

Downloads

Published

2025-11-14