Implementasi Metode Pose to Pose pada Animasi 3 Dimensi “Restitate”
DOI:
https://doi.org/10.37253/joint.v6i2.10490Abstract
Animasi merupakan media visual yang efektif untuk menyampaikan pesan, termasuk isu sosial yang kompleks seperti korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode Pose to Pose dalam pembuatan animasi 3D berjudul Restitate, yang mengangkat tema korupsi dan solusi transparansi melalui teknologi blockchain. Metode Pose to Pose memiliki keunggulan dalam memberikan kontrol lebih terhadap gerakan karakter serta memungkinkan perencanaan yang lebih terstruktur, sehingga animasi menjadi lebih ekspresif dan mudah dipahami. Proses produksi dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi, yang mencakup penyusunan naskah, desain karakter, pembuatan storyboard, modeling, animating, hingga final editing. Hasil akhir berupa video animasi berdurasi 6 menit 48 detik yang telah diuji melalui kuesioner kepada responden. Analisis tanggapan responden menunjukkan bahwa mayoritas penonton dapat memahami pesan yang disampaikan, merasa terhubung dengan karakter, dan mengapresiasi visualisasi serta alur cerita. Dengan demikian, metode Pose to Pose terbukti efektif tidak hanya dalam aspek teknis produksi animasi, tetapi juga dalam mendukung penyampaian pesan edukatif secara jelas dan komunikatif melalui media animasi.
References
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/14641
https://jsi.politala.ac.id/index.php/JSI/article/view/314
https://ejournal.umm.ac.id/index.php/JICC/article/view/26549
https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/841
https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2988
https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/meyarsa/article/view/9863
https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/13207
https://jurnal.uns.ac.id/habitus/article/view/28788
https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/DECA/article/view/5769
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/17867
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11148
https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/jdan/article/view/1270