PENGEMBANGAN MODEL PENERAPAN KONSEP KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM DI PT. DUNIA BARU GRAMINDO
indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37253/jgbmr.v4i1.6747Keywords:
Pengetahuan, Knowledge Management System, Peningkatan Kualitas Produk,Organisasi Pembelajar, Teknologi.Abstract
Menghasilkan kualitas produk yang baik, merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam menghadapi persaingan di era globalisasi. Oleh sebab itu PT. Dunia Baru Gramindo harus dapat memanfaatkan pengetahuan yang ada dengan terus belajar sehingga dapat berinovasi dan beradaptasi dalam menghadapi segala perubahan dan tantangan.
Knowledge Management System merupakan suatu pendekatan yang bertumpu pada pengelolaan dan pemanfaatan pengetahuan. Dalam hal ini langkah awal yang dilakukan yaitu mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada beserta rekomendasi penyelesaiannya kemudian pengetahuan-pengetahuan yang ada diidentifikasi melalui pendekatan proses bisnis dengan Work System Framework dan proses bisnis Hexagon dengan memanfaatkan teknologi yaitu facebook, email dan whatsapp sebagai sarana penyimpanan dan pengelolaan pengetahuan untuk mewujudkan organisasi pembelajar agar penerapan Knowledge Management System dapat terwujud.
Hasil dari tugas akhir ini adalah pengembangan model penerapan konsep knowledge management system di PT. Dunia Baru Gramindo dengan memanfaatkan teknologi yaitu facebook,email dan whatsapp diharapkan mampu memfasilitasi tumbuh kembangnya budaya saling berbagi pengetahuan (knowledge sharing) sehingga dapat menciptakan pengetahuan baru yang kompetitif,sarana penyampaian aspirasi dan penyimpanan dokumen elektronik dan pengelolaan pengetahuan, yang di harapkan dengan adanya pengembangan model konsep manajemen pengetahuan sistem dengan memanfaatkan facebook,email dan whatsapp sebagai teknologi pendukung ini dapat menjadikan PT. Dunia Baru Gramindo untuk selalu menghasilkan inovasi baru dalam rangka peningkatan kualitas produk.