PENGARUH KREASI NILAI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI DKI JAKARTA DAN BANTEN

Authors

  • AV Rahajeng Widyarsih Perbanas Institute Jakarta
  • Yohanes Ferry Cahaya Perbanas Institute Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37253/jgbmr.v2i2.1176

Keywords:

value creation, competitive strategy, rural bank performance, Jakarta, Banten.

Abstract

BPR memiliki peranan yang besar untuk mendorong perekonomian daerah, namun kontribusi BPR dewasa ini relatif masih kecil. Dari segi perkembangan ROA dan ROE, BPR di DKI Jakarta dan Banten relatif tidak lebih unggul dibandingkan provinsi lainnya di Pulau Jawa, sementara kedua daerah berada dekat dengan pusat ekonomi nasional.  Hal itu menunjukkan bahwa kinerja BPR di kedua provinsi tersebut belum dapat dikatakan superior. Hal itu diduga berkaitan dengan adanya permasalahan dalam strategi bersaing dan kreasi nilai. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kreasi nilai dan strategi bersaing terhadap kinerja BPR di DKI Jakarta dan Banten. Data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 50 responden dan dianalisis dengan menggunakan PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreasi nilai memiliki pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan strategi bersaing dalam mempengaruhi kinerja BPR di DKI Jakarta dan Banten. Temuan ini diharapkan menjadi model alternatif solusi bagi manajemen BPR di DKI Jakarta dan Banten, bahwa peningkatan kinerja BPR bertumpu pada pengembangan kreasi nilai terutama dalam penciptaan business partner, yang ditunjang dengan pengembangan strategi bersaing.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-30