Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan terhadap Dividend Payout Ratio pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Susanti Susanti Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/gfa.v5i2.6081

Keywords:

dividend payout ratio, corporate governance, ownership structure

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tata kelola perusahaan terhadap dividend payout ratio. Variabel tata kelola perusahaan yang digunakan dalam penelitian adalah kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kepemilikan asing, ukuran dewan, dan komisaris independen.

Total sebanyak 230 perusahaan dipilih dari 507 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2010-2014 dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengujian regresi panel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional, ukuran dewan, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan usia perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap dividend payout ratio, kepemilikan asing berpengaruh signifikan negatif terhadap dividend payout ratio, sedangkan kepemilikan manajerial, komisaris independen, dan leverage tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles