Pengendali PID-Fuzzy pada Alat Pengering Ikan Berbasis Arduino Uno

Authors

  • Julianto Julianto Teknik Elektro, Universitas Internasional Batam
  • Andik Yulianto Teknik Elektro, Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/telcomatics.v5i1.850

Keywords:

PID-Fuzzy, Arduino, pengering ikan

Abstract

Ikan asin pada saat ini masih banyak yang memproduksi terutama di pulau pulau. Untuk pengeringan pada ikan asin masih banyak yang menggunakan dengan cara manual. Kekurangan dari cara manual ini adalah tidak bisa mengikuti cahaya matahari yang akan datang, sehingga dalam proses pengeringan, penempatan pada ikan asin tidak bisa tegak lurus terhadap cahaya matahari yang akan datang.

Untuk mengoptimalkan kekurangan dari pengeringan ikan asin, penulis akan merancang sebuah alat  dimana alat ini akan mengorientasikan penempatan ikan asin terhadap arah datangnya cahaya matahari, sehingga penempatan pada ikan asin selalu tegak lurus terhadap cahaya yang akan datang.

Pada penelitian ini menggunakan metode PID-FUZZY dimana FUZZY akan diterapkan pada dua buah sensor LDR (Light Dependent Resostor) dan untuk PID akan diterapkan pada sebuah motor DC. Selain dari itu dalam alat pengering ikan asin menggunakan sebuah Arduino Uno. Arduino uno yang menggunakan mikrokontroller ATMega 328 berfungsi sebagai alur kerja dari alat yang akan dirancang. Untuk masukan menggunakan dua buah sensor LDR dengan keluarannya yang berupa pergerakan pada motor DC.

Dari hasil pengujian dari alat pengering ikan asin yang menggunakan metode PID-FUZZY didapatkan set poin dari putaran motor yang selalu berhadapan dengan cahaya matahari. Dari pengujian ini diuji dengan menggunakan lampu senter handphone dengan cara menggerakkan lampu senter kekiri dan kekanan (Timur ke Barat) dengan cara perlahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-07-28

Issue

Section

Articles