Sistem Notifikasi Kedatangan Bus Berbasis IoT

Authors

  • Andik Yulianto Universitas Internasional Batam
  • Niko Gian Goewin Teknik Elektro, Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/telcomatics.v7i1.6781

Keywords:

Notification System, Bluetooth, Internet of Things, Bus

Abstract

Bus adalah salah satu transport yang banyak digunakan hampir di seluruh negara, begitu juga dengan di Indonesia khususnya batam. Saat ini halte bus di batam belum memiliki alat notifikasi kedatangan bus yang sangat penting bagi penumpang bus. Oleh karena itu, pada penelitian ini dirancang alat notifikasi estimasi waktu kedatangan bus.

Alat notifikasi yang dirancang adalah sistem yang dapat memberikan informasi estimasi kedatangan bus tertentu pada halte bus. Sistem ini dibagi dalam 2 unit utama, unit bus dan unit halte. Unit bus terdiri dari mikrokontroler arduino, dan bluetooth. Unit ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke unit halte secara terus menerus melalui bluetooth. Unit halte terdiri dari mikrokontroler arduino, bluetooth, tampilan Light Emitting Diode (LED), dan modul Global System for Mobile Communications (GSM). Unit halte akan menerima sinyal yang dikirimkan oleh unit bus melalui bluetooth dan akan memproses sinyal tersebut. Ketika unit halte menerima sinyal yang dikirimkan oleh unit bus, maka unit halte akan mengolah sinyal tersebut untuk melakukan pembaharuan data di web server melalui modul GSM, dan memberikan informasi berupa estimasi waktu pada tampilan LED di halte.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat notifikasi yang dirancang dapat melakukan pembaharuan data di web server, serta menampilkan informasi estimasi waktu pada web server dan pada tampilan LED di halte. Alat notifikasi ini dapat melakukan pembaharuan data dengan jeda waktu ±15 detik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-13

Issue

Section

Articles