Perancangan Program Inventory dengan Barcode di PT Asia Panelindo Elektrika

Authors

  • Dedi Prastio

DOI:

https://doi.org/10.37253/telcomatics.v6i2.6356

Keywords:

Inventory, Barcode, CCTV, Aplikasi

Abstract

Pada perusahaan PT. Asia Panelindo Elektrika menyediakan jasa instalasi/pemasangan, service dan distributor CCTV serta lampu-lampu LED. Cukup banyak persediaan stock barang yang ada digudang akan tetapi minimnya dalam mengatur serta pendataan gudang. Dalam kegiatan stock opname selalu terjadi perbedaan antara jumlah barang di sistem yang sedang digunakan dengan barang yang ada di gudang. Hal ini terjadi mungkin dikarenakan sering terjadi error pada sistem program ataupun terjadi kesalahan disaat pendataan gudang.

Dalam upaya mengatasi masalah ini maka, dirancang sebuah program yang dapat melakukan pendataan dengan barcode. Program ini memberikan fasilitas barcode dimana hanya scan barcode pada barang dapat menemukan barang pada program dan dapat langsung megubah jumlahnya seperti ketika adanya penjualan atau penambahan stock. Dengan program ini akan mengurangi kesalahan yang akan terjadi saat pendataan stock barang.

Setelah mendapatkan hasil pengujian, penulis dapat menyimpulkan bahwa program yang dirancang telah mampu melakukan proses inventory terhadap stock gudang dengan baik dan waktu pencarian data stock hampir 2 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan program sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-26

Issue

Section

Articles