Sistem Monitoring Spektrum Akupansi Band AM, FM dan Trunking Menggunakan RTL SDR 2832U DVB-T Tuner Dongles Berbasis Visual Studio

Authors

  • Sandi Pratama Teknik Elektro, Universitas Internasional Batam
  • Dian Tresnawan Teknik Elektro, Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/telcomatics.v6i2.6343

Keywords:

Spectrum Analyzer Anritsu MS2720T, Monitoring Akupansi Band AM, FM, Trunking

Abstract

Balai monitor spektrum frekuensi radio kelas ii Batam merupakan unit pelaksana teknis bidang monitor spektrum frekuensi radio yang berada di bawah kementrian komunikasi dan informatika republik indonesia. balai monitor spektrum frekuensi radio kelas II batam mempunyai tugas melaksanakan pengawasan dan pengendalian dibidang penggunaan spectrum frekuensi radio yang salah satunya adalah monitoring spektrum akupansi band am, fm dan trunking yang dilaksanakan oleh Penulis dengan menggunakan suatu alat ukur berupa Spectrum Analyzer Anritsu MS2720T.Pengoprasian Spectrum Analyzer secara manual memerlukan waktu yang lama dan kurang efisien. Untuk memudahkan dan mengefisienkan pengoprasian Spectrum Analyzer tersebut diperlukan program antarmuka dengan bahasa pemrograman C# dan sebuah Software penerima sinyal RTL-SDR 2832U Dongle.

Bahasa pemprograman C# merupakan standard bahasa pemprograman yang didesain secara khusus untuk mengontrol suatu perangkat. Bahasa pemprograman C# mendefinisikan bagaimana cara berkomunikasi dengan prangkat dari computer eksternal.

Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian untuk membuat program antarmuka untuk perangkat Spectrum Analyzer dengan menggunakan bahasa pemprograman C#. Dengan program tersebut pengendali Frekuensi Radio dalam melakukan monitoring spektrum akupansi band am, fm dan trunking.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-22

Issue

Section

Articles