Pembangunan Game Edukasi “Cegah Filariasis Sebelum Kronis” Berbasis Desktop

Authors

  • Fajar Sadiq
  • Hermawaty Hermawaty

Keywords:

Adventure Game Filariasis, Algoritma Dijkstra pada Pergerakan NPC, Game Edukasi Cegah Filariasis Sebelum Kronis, Game Edukasi Basis Desktop

Abstract

Filariasis adalah penyakit yang penyebarannya melalui nyamuk vektor. Filariasis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi cacing mikrofilaria. Beberapa program telah dilakukan pemerintah seperti memberikan kelambu, brosur, pamflet, penyuluhan, dan penyemprotan DDT. Brosur, pamflet juga penyuluhan sebagai sarana edukasi dan pengetahuan filariasis kurang begitu efisien karena jangkauan sosialisasi yang tidak tercapai, kurangnya jumlah tenaga penyuluhan, dan masyarakat masih relatif kurang tertarik untuk membaca brosur khususnya anak-anak masih belum punya minat untuk mencari informasi. Berdasarkan observasi ketersediaan pamflet dan petugas penyuluhan filariasis saat ini hanya terdapat dan dituaskan di daerah endemis filariasis saja.

Game dengan genre adventure merupakan game yang paling diminati dibanding edukasi. Dengan memadukan genre edukasi dan adventure game yang dibangun menjadi lebih menarik. Selain itu, digunakan algoritma pencarian Dijkstra pada karakter musuh. Game berjenis top down dan dibangun menggunakan analisis aliran data terstruktur atau biasa disebut dengan DFD. Storyline dibuat berdasarkan cara pencegahan filariasis sesuai dengan judul yang diambil.

Tools yang digunakan untuk membangun game ini menggunakan bahasa pemrograman Action Script 2.0 dengan software pembangun Adobe Flash Professional CS6 dan pembangunan design menggunakan Adobe Photoshop CS6. Dari hasil pengujian, game edukasi Cegah Filariasis Sebelum Kronis ini cukup menambah pengetahuan, menarik untuk dimainkan dan memberikan hiburan sehingga memperjelas tentang bagaimana pencegahan filariasis yang baik. Tahap pengujian dilakukan yang terdiri dari pengujian alpha dan beta. Pada pengujian alpha digunakan 2 (dua) metode yaitu metode white box dan black box. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan secara alpha, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun bebas dari kesalahan sintaks dan berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan secara beta, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi secara keseluruhan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-07-10

Issue

Section

Articles