Peningkatan Kualitas Hidup Anak di Panti Asuhan Melalui Edukasi Pengolahan Sampah, Edugame, dan Pojok Literatur (Cerita Pendek): Kunjungan Universitas Internasional Batam ke Panti Asuhan
DOI:
https://doi.org/10.37253/se.v2i4.9840Keywords:
Panti Asuhan, Universitas Internasional Batam, Edukasi Pengolahan Sampah, Edugame, Literatur, Cerita Pendek, Kualitas Hidup, Anak, BatamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kunjungan mahasiswa Universitas Internasional Batam ke panti asuhan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup anak-anak melalui program edukasi pengolahan sampah, edugame, dan pojok literatur berupa pembacaan cerita pendek. Metode penelitian yang digunakan adalah kunjungan satu hari dengan pendekatan kualitatif di Panti Asuhan " Ash Shoodiq " di Kota Batam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan anak dalam ketiga kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran lingkungan, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan sosial mereka. Rekomendasi dari penelitian ini adalah integrasi program serupa dalam kurikulum panti asuhan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan anak.
Downloads
References
Anggraeni, D., & Saputra, T. (2021). Pengaruh Pembacaan Cerita Terhadap Perkembangan Emosional Anak. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 6(2), 178-190.
Handayani, R. (2019). Diskusi Kelompok dan Pengembangan Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Psikologi Anak, 10(1), 33-45.
Santoso, B., & Wijayanti, L. (2020). Edukasi Pengolahan Sampah sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Lingkungan dan Pendidikan, 4(1), 45-55.
Wulandari, M. (2019). Penerapan Edugame untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(3), 121-134.