Perencanaan Strategi Social Media Marketing dalam membangun Customer Engagement Pav Pizza.

Authors

  • Agisna Maulana Universitas Padjadjaran
  • Cecep Safa’atul Barkah Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.37253/se.v2i4.9659

Keywords:

social media marketing, Instagram, customer engagement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi social media marketing yang efektif untuk meningkatkan customer engagement Pav Pizza, sebuah usaha pizza lokal di Bandung. Pav Pizza menghadapi masalah rendahnya tingkat interaksi di akun Instagram mereka, meskipun memiliki jumlah pengikut yang cukup besar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, melalui wawancara dan observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa konten yang kurang relevan, ketidakaktifan dalam mengunggah konten, dan rendahnya interaksi menjadi penyebab utama rendahnya customer engagement. Untuk mengatasi masalah ini, tiga strategi utama diusulkan: penggunaan Instagram Ads, fitur scheduled content, dan kolaborasi dengan selebgram kuliner. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas merek, menjaga konsistensi posting, dan menarik perhatian audiens yang lebih luas, sehingga memperkuat customer engagement dan efektivitas promosi Pav Pizza di Instagram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Databoks, 3 Januari 2024, “Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024”[diakses 20 Juli 2024]. Tersedia pada https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024.

Herawati, N., & Anggraini, C. N. (2024). Dari Radio Ke Instagram Kunci PRFM Bertahan di Era Digital. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 8(2), 463-470.

Instagram Pav Pizza. Tersedia pada https://www.instagram.com/pav.pizza/.

Joseph K, J., & Bindal, M. (2018). The Impact of Brand Post Strategy and Social Media Engagement on Customer Loyalty. International Journal of Management Studies. https://doi.org/10.18843/ijms/v5i3(8)/0.

Kesumahati, E., & Jecki, J. (2023). Perancangan Strategi Branding dan Social Media Marketing Pada Toko Crystalnkiss. Social Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 46-53.

Litmanen, H. C., & Sari, W. P. (2021). Analisis Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement (Studi Pada Instagram@ bloomcoffeejkt). Prologia, 5(1), 184-190.

Ningsih, L. A. (2022). Strategi content marketing dalam membangun customer engagement. Benchmark, 3(1), 43-52.

Pramesti, I. G. A. D., Pramana, I. M. B., & Octaviano, A. L. (2024). Pemanfaatan Foto Produk Fashion Sebagai Penunjang Marketing Sosial Media Di Voordurend Love. Retina Jurnal Fotografi, 4(1), 9-21.

Sutomo, M., & Wanti, S. (2023). STRATEGI CONTENT MARKETING DALAM MEMBANGUN CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OUT OF THE BOX. Bridging Journal of Islamic Digital Economics and Management, 1(1), 283-290.

Downloads

Published

2024-09-27