Penguatan Strategi Pemasaran Digital melalui Media Sosial dan Platform Digital terhadap UMKM Sahabat Taichan Batam
DOI:
https://doi.org/10.37253/se.v2i3.9151Keywords:
Digital Marketing, MSMEs, engagement and interaction, social mediaAbstract
Sahabat Taichan Batam merupakan usaha produk makanan yang berdiri sejak tahun 2020. Produk utama yang dipasarkan adalah sate taichan dengan rasa pedas dan gurih. Usaha memiliki 3 cabang berlokasi di Kota Batam. Teknik pemasaran dilakukan sebelum implementasi berupa posting konten biasa tanpa ada perancangan strategi. Implementasi dalam program kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan untuk menguatkan strategi pemasaran secara digital. Pemasaran digital memiliki efektivitas dan efisiensi tinggi dalam mencapai calon pelanggan secara luas dalam waktu singkat. Periode implementasi mulai dari awal sampai akhir menggunakan waktu 4 (empat) bulan. Luaran berupa konten dan upaya pemasangan fitur digital lain yang dipasang pada sosial media UMKM. Tujuan akhir implementasi adalah meningkatkan calon pelanggan untuk mengembangkan skala usaha. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan dari segi pengikut, keterlibatan dan interaksi dari akun Instagram UMKM Sahabat Taichan Batam. Tingkat kualitas upaya pemasaran digital akan membantu peningkatan penjualan dengan menarik perhatian calon pelanggan.
Downloads
References
Erlangga, H., Sunarsi, D., Pratama, A., Sintesa, N., & Hindarsah, I. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. In Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (Vol. 12, Issue 3).
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3). https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10
Hasan, H., Alief Fahdal, M., Hasanuddin, U., & Selatan, S. (2022). Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM (Sulawesi MSME Community Empowerment in the Implementation of MSME Digitization). 3(1), 43–50. https://doi.org/10.35912/jpm.v3i1.1225
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1). https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Hidayati, A., Surya, E. D., Arief, A. S., GS, A. D., & Reyes, J. M. G. (2022). Social Media Skill in Public Relations and Customer Service for Employers. Nyimak: Journal of Communication, 6(1). https://doi.org/10.31000/nyimak.v6i1.4977
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Setianingsih, F. E., & Aziz, F. (2022). Pengaruh Media Sosial Marketing Tiktok Terhadap Minat Beli Online di Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(2). https://doi.org/10.14710/jab.v11i2.42602
Shilvina Widi. (2023, February 3). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Data Indonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023
Wati, D., & Arif, S. (2022). Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online Di Humaira Shop. 5, 141.