Digitalisasi Desa Wisata sebagai Peningkatan Perekonomian Desa Wonolopo Semarang

Authors

  • Annisa Fajri Universitas Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37253/se.v2i03.9143

Keywords:

Digitalisasi Wisata, Desa Wisata, Media Digital

Abstract

Digitalisasi wisata adalah salah satu pendekatan penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat wisata yang berorientasi digital. Digitalisasi dianggap sebagai langkah yang tepat untuk mempromosikan wisata karena masalah yang dihadapi desa mitra, seperti kurangnya pengetahuan dan keterlibatan masyarakat dalam mempromosikan potensi wisata, dan kurangnya fasilitas penunjang untuk memasarkan paket wisata. Setelah situs web dan aplikasi dibuat, kegiatan sosialisasi dengan komunitas mitra dilakukan. Untuk mencapai tujuan ini, masyarakat mitra diberikan pengetahuan tentang pemanfaatan situs web dan aplikasi ini untuk meningkatkan potensi wisata dan meningkatkan keterlibatan masyarakat Desa Wonolopo Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Ryan (2016). Mengetahui digital marketing: Strategi pemasaran untuk melibatkan generasi digital. Kogan Page Publishers

Fajri, A. (2023). Strategi Gapoktan Kendal dalam Menghadapi Era Industri 4.0 melalui Media Digital. Jurnal Lentera Widya, 4(2), 97-102.

Fajri, A., Hajar, H., Aldira, O., Adiningtyas, R., Fitriyah, R. S., Rosyana, R., ... & Maulana, M. M. (2023). Pemberdayaan Usaha Kerajinan Anyaman Industri Kreatif Penghasil Bambu Desa Kaliwungu Semarang. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 33-39.

Haqq, Z. N., & Fajri, A. (2023). Peningkatan Kapabilitas Business Plan, Network, dan Marketing Guna Akselerasi Bisnis UMKM Sekolah Wirausaha Aisyiyah. Kreativasi: Journal of Community Empowerment, 2(2), 142-148.

Mardialina et al. Jurnal International of Recent Technology and Engineering (IJRTE), Vol. 7, No. 6, pp. 222-228.

Nurmalina R. dan Ramdhani MA. Jurnal Ilmu Sosial dan Pembangunan, Vol. 11, No. 1, hlm. 13–24.

Purwati, AA, Irman, ML, Hamzah, ML, Desnelita, Y, dan Hamzah, H. Pelatihan Digital Marketing untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tenun Songket Melayu Cahaya Kemilau Jurnal Aplikasi Riset untuk Masyarakat (ARSY), 2(1), 52-56.

Setiawan, E., & Kurniawan, R. (2020). Workshop in Tourism: Pemanfaatan Digital Marketing untuk Meningkatkan Kunjungan Wisata. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata dan Aplikasi), vol. 8, no. 3, pp. 391-397.

Wibowo, A. (2018). Marketing Digital. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles