Penerapan Sistem Akuntansi dalam Meningkatkan Akurasi Pencatatan Inventaris di UMKM SIS Collection

Authors

  • Nasar Buntu Laulita Universitas Internasional Batam
  • Fiona Fiona Universitas Internasional Batam

Keywords:

Sistem Akuntansi, Microsoft Access, Efisiensi

Abstract

SIS Collection mengalami kendala pada pencatatan, baik itu pada stock card maupun keuangan. Mereka masih melakukan keduanya secara manual pada buku dan Microsoft Excel, sehingga sering terjadi kesalahan pencatatan dan perhitungan. Hal ini memperlambat proses kerja mereka. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil metode pelaksanaan, ditemukan bahwa SIS Collection membutuhkan sebuah sistem akuntansi untuk menyelesaikan kedua masalah tersebut sekaligus. Sistem akuntansi tersebut dibuat dengan Microsoft Access dengan fitur-fitur utama yang diperlukan oleh mitra. Setelah pengimplementasian sistem tersebut pada mitra selama 2 minggu, mitra menemukan bahwa permasalahan yang mereka hadapi sebelumnya telah berkurang dengan drastis sehingga telah meningkatkan efisiensi operasionalnya. Pelaksanaan kegiatan berikutnya dapat menambahkan fitur user untuk mitra sehingga lebih banyak staf yang dapat menggunakan sistem itu tanpa harus memperlihatkan semua informasi yang ada pada sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyadi (2001) Sistem Akuntansi. 3rd edn. Jakarta: Salemba Empat.

Raco, J.R. and Semiawan, C.R. (2010) Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya, http://wirasena-mahesha-fisip15.web.unair.ac.id/artikel_detail-165919-SOH213 Dinamika Hubungan Internasional Kawasan-Pendekatan Neo Institusionalisme dalam Menjelaskan Integrasi Eropa serta Kondisi Ekonomi Politik Eropa akibat Regionalisme.html. Grasindo.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta. Bandung.

Yusuf, A.M. (2014) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. 1st edn, Nucl. Phys. 1st edn. Jakarta: Prenada Media.

Zamzami, F., Nusa, N.D. and Faiz, I.A. (2017) Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles