Pendampingan Penggunaan Instagram sebagai Sarana Promosi Produk UMKM Dapur Keysha Di Desa Mranggonlawang
DOI:
https://doi.org/10.37253/se.v1i3.7829Abstract
Di era digital ini, pengguna media sosial di Indonesia mengalami peningkatan yang pesat. Hal ini dilakukan secara daring sehingga memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi tanpa terhalang oleh ruang dan waktu. Tren jual beli media sosial sudah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini. (Arifianto et al., 2020). Namun tidak semua pedagang memahami cara memasarkan produknya di media sosial, khususnya warga Desa Mranggonlawang yang mayoritas mata pencahariannya berasal dari petani bawang merah. Salah satunya adalah UMKM Dapur Keysha. Produk utamanya adalah Bawang Goreng. Namun, pemasarannya hanya dilakukan dari mulut ke mulut atau sebatas kenalannya saja, sehingga Dapur Keysha kurang dikenal masyarakat. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan membuat warga Desa Mranggonlawang untuk dapat mempromosikan produk mereka melalui media social Instagram sehingga mudah dikenal oleh masyarakat luas. Metode yang digunakan dengan memberikan sosialisasi terlebih dahulu untuk memberikan pemahaman kepada pihak UMKM terkait tentang pentingnya teknologi untuk mendukung strategi pemasaran. Dilanjut dengan pembuatan akun instagram dan pembuatan konten produk. Hasil dari kegiatan ini adalah Dapur Keysha menggunakan beberapa strategi untuk mengimplementasikan penawaran melalui pemanfaatan media sosial Instagram, yaitu Penggunaan Fitur Bio Pada Akun Instagram Sebagai Identitas Akun; testimoni dari selebgram; penanyangan konten interaktif; Ini kemudian dilakukan dengan mengoptimalkan fitur Instagram seperti reels, penandaan dan penyebutan, serta tagar.