Penerapan Strategi Rebranding Pada Desa Wisata Kampung Terih Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan Menggunakan Metode MDLC
DOI:
https://doi.org/10.37253/se.v1i1.7353Keywords:
tourism promotional videos, kampung terih, MDLC, tourist attractionsAbstract
Desa Wisata Kampung Terih merupakan kampung tua yang memiliki luas sekitar 12 hektar yang terletak pada Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa. Kampung Terih dikembangkan jadi destinasi wisata sejak tahun 2017 tepatnya pada 10 Desember, yang dikelola menjadi destinasi wisata digital itu milik satu keluarga yang terdiri dari empat orang. Desa Wisata Kampung Terih dibangun dengan pelantar kayu dengan konsep klasik di antara rimbunan hutan bakau yang ada disana, selain itu juga terdapat beberapa pondok dan spot foto yang instagramable. Jam operasional untuk. Desa Wisata Kampung Terih beroperasional setiap hari mulai dari pukul 08:00-18:00 WIB. Masalah yang dihadapi oleh Desa Wisata Kampung Terih adalah Semenjak terjadinya pandemi COVID-19, Desa Wisata Kampung Terih menjadi sepi dan wisatawan luar berkurang mengunjungi, hanya terdapat wisatawan lokal. Untuk meningkatkan pengunjungan wisatawan dan dikenal oleh masyarakat luas, Universitas Internasional Batam melakukan kerjasama dengan Desa Wisata Kampung Terih untuk rebranding melalui video promosi pada Desa Wisata Kampung Terih yang akan dirancang oleh penulis dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cyle (MDLC) yang terdapat enam tahapan yaitu yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Video ini diharapkan dapat dijadikan sebagai media promosi dan informasi yang efektif untuk memperkenalkan Desa Wisata Kampung Terih kepada masyarakat dan meningkatan minat wisatawan untuk berkunjung