Penguatan Nilai-Nilai Kepemimpinan Siswa SMA Pelita Utama dalam Membangun Karakter Pemimpin Generasi Penerus
DOI:
https://doi.org/10.37253/se.v3i4.11352Keywords:
Pengabdian Kepada Masyarakat, Kepemimpinan, Siswa SMA, Pendidikan Kewarganegaraan, Edukasi InteraktifAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan wujud kontribusi mahasiswa dalam menjawab permasalahan sosial melalui pendekatan edukatif dan partisipatif. Pada 15 Juli 2025, mahasiswa Universitas Internasional Batam melaksanakan kegiatan PkM di SMA Pelita Utama sebagai bagian dari implementasi mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Tema kegiatan adalah kepemimpinan, dengan tujuan menumbuhkan kesadaran serta pemahaman siswa kelas XII mengenai pentingnya menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, komunikatif, dan berintegritas. Metode yang digunakan meliputi presentasi interaktif, diskusi kelompok, pemutaran film, dan refleksi, yang dikemas secara menyenangkan dan partisipatif. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa siswa antusias, memahami materi dengan baik, serta menunjukkan potensi dalam aspek kepemimpinan. Di sisi lain, mahasiswa juga memperoleh pengalaman berharga dalam berinteraksi langsung dengan masyarakat serta menerapkan nilai-nilai kewarganegaraan secara konkret. Rekomendasi ke depan mengarah pada pentingnya penelitian lanjutan yang dapat mengevaluasi efektivitas pendekatan serupa dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa secara berkelanjutan.
Downloads
References
Akbar, N. (2017). Tipe Dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan Dan Dakwah. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 5(9), 9979–9985. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v5i9.1883
Cantu, N., Varela, D. G., Jones, D., & Challoo, L. (2021). Factors that Influence School Choice: A Look at Parents’ and School Leaders’ Perceptions. Research in Educational Policy and Management, 3(1), 19–41. https://doi.org/10.46303/repam.2021.2
Deshpande, S. (2004). Higher Education Higher Education. 5(1), 1–4.
Eka Rachmawati, Ade Rizaldi Hidayatullah, & Mochammad Isa Anshori. (2023). Gaya Kepemimpinan Adaptive Leadership Seorang Pemimpin; Studi Literatur. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(3), 195–210. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i3.168
Jannah, R., Rosyidin, A. M., Nurmala, T., Yuningsih, N., & Yenny, E. (2023). Kepemimpinan di Era Digital dan Implementasinya di Lembaga Pendidikan. Jurnal Syntax Admiration, 4(2), 264–269. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i2.557
Marzuqi, A. (2020). Hallyu di Tengah Pandemi Covid-19. Mediaindonesia.Om, 1. https://mediaindonesia.com/read/detail/310551-hallyu-di-tengah-pandemi-covid-19
Rohani, A., Wandini, R. R., & Ritonga, S. (2021). 3906-10574-1-Pb. 5, 208–215.
Sachdeva, D. V., & Latesh, D. (2023). NEP 2020: emphasizing experiential learning and inquiry-based approaches in higher education. International Journal of Applied Research, 9(6), 179–184. https://doi.org/10.22271/allresearch.2023.v9.i6c.10938
Wade, L., Leahy, A. A., Babic, M. J., Beauchamp, M. R., Smith, J. J., Kennedy, S. G., Boyer, J., Nathan, N., Robinson, K., & Lubans, D. R. (2022). A systematic review and meta-analysis of the benefits of school-based, peer-led interventions for leaders. Scientific Reports, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.1038/s41598-022-25662-9