Penguatan Nilai-Nilai Kepemimpinan Siswa SMA Pelita Utama dalam Membangun Karakter Pemimpin Generasi Penerus

Authors

  • Meyria Cristina Universitas Internasional Batam
  • Ade Jaya Saputra Universitas Internasional Batam
  • Herman Universitas Internasional Batam
  • Stevani Delia Monica Universitas Internasional Batam
  • Nehan Fahiza Universitas Internasional Batam
  • Afifah Viona Afra Amattullah Universitas Internasional Batam
  • Hiqmi Handayani Universitas Internasional Batam
  • Fini Aprilianti Universitas Internasional Batam
  • Frengky Universitas Internasional Batam
  • M. Alfan Amri Universitas Internasional Batam
  • Muhammad Dhiftasa Maulana Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/se.v3i4.11352

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Kepemimpinan, Siswa SMA, Pendidikan Kewarganegaraan, Edukasi Interaktif

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan wujud kontribusi mahasiswa dalam menjawab permasalahan sosial melalui pendekatan edukatif dan partisipatif. Pada 15 Juli 2025, mahasiswa Universitas Internasional Batam melaksanakan kegiatan PkM di SMA Pelita Utama sebagai bagian dari implementasi mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Tema kegiatan adalah kepemimpinan, dengan tujuan menumbuhkan kesadaran serta pemahaman siswa kelas XII mengenai pentingnya menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, komunikatif, dan berintegritas. Metode yang digunakan meliputi presentasi interaktif, diskusi kelompok, pemutaran film, dan refleksi, yang dikemas secara menyenangkan dan partisipatif. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa siswa antusias, memahami materi dengan baik, serta menunjukkan potensi dalam aspek kepemimpinan. Di sisi lain, mahasiswa juga memperoleh pengalaman berharga dalam berinteraksi langsung dengan masyarakat serta menerapkan nilai-nilai kewarganegaraan secara konkret. Rekomendasi ke depan mengarah pada pentingnya penelitian lanjutan yang dapat mengevaluasi efektivitas pendekatan serupa dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, N. (2017). Tipe Dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan Dan Dakwah. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 5(9), 9979–9985. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v5i9.1883

Cantu, N., Varela, D. G., Jones, D., & Challoo, L. (2021). Factors that Influence School Choice: A Look at Parents’ and School Leaders’ Perceptions. Research in Educational Policy and Management, 3(1), 19–41. https://doi.org/10.46303/repam.2021.2

Deshpande, S. (2004). Higher Education Higher Education. 5(1), 1–4.

Eka Rachmawati, Ade Rizaldi Hidayatullah, & Mochammad Isa Anshori. (2023). Gaya Kepemimpinan Adaptive Leadership Seorang Pemimpin; Studi Literatur. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(3), 195–210. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i3.168

Jannah, R., Rosyidin, A. M., Nurmala, T., Yuningsih, N., & Yenny, E. (2023). Kepemimpinan di Era Digital dan Implementasinya di Lembaga Pendidikan. Jurnal Syntax Admiration, 4(2), 264–269. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i2.557

Marzuqi, A. (2020). Hallyu di Tengah Pandemi Covid-19. Mediaindonesia.Om, 1. https://mediaindonesia.com/read/detail/310551-hallyu-di-tengah-pandemi-covid-19

Rohani, A., Wandini, R. R., & Ritonga, S. (2021). 3906-10574-1-Pb. 5, 208–215.

Sachdeva, D. V., & Latesh, D. (2023). NEP 2020: emphasizing experiential learning and inquiry-based approaches in higher education. International Journal of Applied Research, 9(6), 179–184. https://doi.org/10.22271/allresearch.2023.v9.i6c.10938

Wade, L., Leahy, A. A., Babic, M. J., Beauchamp, M. R., Smith, J. J., Kennedy, S. G., Boyer, J., Nathan, N., Robinson, K., & Lubans, D. R. (2022). A systematic review and meta-analysis of the benefits of school-based, peer-led interventions for leaders. Scientific Reports, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.1038/s41598-022-25662-9

Downloads

Published

2025-09-30