Peningkatan Nilai Toleransi dan Minat Literasi Anak Melalui Edukasi dan Intervensi Sosial di Panti Asuhan Agape
DOI:
https://doi.org/10.37253/se.v3i4.11351Keywords:
Toleransi, Literasi Anak, Panti Asuhan, Pengabdian Masyarakat, Edukasi InteraktifAbstract
Anak-anak di panti asuhan menghadapi tantangan dalam pengembangan karakter, terutama dalam hal toleransi dan minat baca. Kurangnya pendekatan edukatif yang menarik serta keterbatasan akses bahan bacaan memperparah kesenjangan sosial dan kognitif. Kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa Universitas Internasional Batam (UIB) di Panti Asuhan Agape bertujuan menanamkan nilai toleransi dan meningkatkan literasi melalui pendekatan partisipatif. Program ini meliputi edukasi interaktif anti-intoleransi, permainan kolaboratif, dan penataan ulang pojok literasi. Edukasi disampaikan secara komunikatif dengan dialog dan contoh nyata, sementara permainan melatih kerja sama dan keterampilan sosial. Pojok baca yang lebih menarik menyediakan buku-buku fiksi, nonfiksi, dan atlas untuk menunjang eksplorasi mandiri. Dokumentasi menunjukkan partisipasi aktif dan antusiasme tinggi dari anak-anak. Meskipun waktu pelaksanaan terbatas dan belum mencakup evaluasi lanjutan, pendekatan ini efektif dalam membangun pengalaman belajar yang menyenangkan. Kegiatan ini berpotensi untuk direplikasi sebagai model pembinaan karakter dan literasi di lembaga sosial lainnya.
Downloads
References
Aminah, S., Ramawani, N., Azura, N., Fronika, S., Meitha Hasanah, S., & Salsabillah, T. (2022). Pengaruh Metode Belajar Sambil Bermain Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 465–471.
https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.6 6
Hudori, M., Laudeciska, L., Marbun, D. V., Jevfri, J., Khelly, K., & Yunita, Y. (2023). Edukasi Penguatan Sikap Toleransi Kepada Siswa SMAK BASIC Kota Batam. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(1), 53–55. https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i1.2 28
Prakoso, B. (2024). Urgensi Literasi di Tengah Gelombang Informasi. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, 2004, 1–4. https://www.uwks.ac.id/artikel/20242 4022212266129/33651/urgensi- literasi-di-tengah-gelombang- informasi#:~:text=Definisi lain menyebutkan bahwa literasi,dasar dari semua bentuk literasi.
Syafrudin, U. (2020). Penguatan Self- Esteem Anak Panti Asuhan Melalui COREL (Cinta, Olahraga, Rekreasi, Edukasi Dan Literasi). Jurnal
Sumbangsih, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.23960/jsh.v1i1.7
Widiatmoko, S. A., Pek, K., Iman, F. E. N., Annisa, A. T. R., Wulandari, F., Gupita, O. N., & Rusdi, A. (2021). Islamic Tolerance in World 4.0: Membentuk Kepribadian Toleran dan Hubungannya dengan Self-Control dalam Bersosial Media. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 3(1), 32–39.







