Peningkatan Nilai Toleransi dan Minat Literasi Anak Melalui Edukasi dan Intervensi Sosial di Panti Asuhan Agape

Authors

  • Angelina Bunarto Universitas Internasional Batam
  • Desy Mardiana Universitas Internasional Batam
  • Edelyn Universitas Internasional Batam
  • Evaline Stefany Universitas Internasional Batam
  • Jelsy Claudia Universitas Internasional Batam
  • Joanne Universitas Internasional Batam
  • Joanne Ang Universitas Internasional Batam
  • Joceslyn Universitas Internasional Batam
  • Khairunnisaa Nurul Karimah Universitas Internasional Batam
  • Kheisya Evrina Malay Universitas Internasional Batam
  • Michelle Sim Universitas Internasional Batam
  • Raymond Lim Muk Sen Universitas Internasional Batam
  • Sherly Universitas Internasional Batam
  • Vanikaramoy Universitas Internasional Batam
  • Viona Lim Universitas Internasional Batam
  • Windy Jevina Universitas Internasional Batam
  • Jeanny Laurens Pinassang Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/se.v3i4.11351

Keywords:

Toleransi, Literasi Anak, Panti Asuhan, Pengabdian Masyarakat, Edukasi Interaktif

Abstract

Anak-anak di panti asuhan menghadapi tantangan dalam pengembangan karakter, terutama dalam hal toleransi dan minat baca. Kurangnya pendekatan edukatif yang menarik serta keterbatasan akses bahan bacaan memperparah kesenjangan sosial dan kognitif. Kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa Universitas Internasional Batam (UIB) di Panti Asuhan Agape bertujuan menanamkan nilai toleransi dan meningkatkan literasi melalui pendekatan partisipatif. Program ini meliputi edukasi interaktif anti-intoleransi, permainan kolaboratif, dan penataan ulang pojok literasi. Edukasi disampaikan secara komunikatif dengan dialog dan contoh nyata, sementara permainan melatih kerja sama dan keterampilan sosial. Pojok baca yang lebih menarik menyediakan buku-buku fiksi, nonfiksi, dan atlas untuk menunjang eksplorasi mandiri. Dokumentasi menunjukkan partisipasi aktif dan antusiasme tinggi dari anak-anak. Meskipun waktu pelaksanaan terbatas dan belum mencakup evaluasi lanjutan, pendekatan ini efektif dalam membangun pengalaman belajar yang menyenangkan. Kegiatan ini berpotensi untuk direplikasi sebagai model pembinaan karakter dan literasi di lembaga sosial lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S., Ramawani, N., Azura, N., Fronika, S., Meitha Hasanah, S., & Salsabillah, T. (2022). Pengaruh Metode Belajar Sambil Bermain Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 465–471.

https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.6 6

Hudori, M., Laudeciska, L., Marbun, D. V., Jevfri, J., Khelly, K., & Yunita, Y. (2023). Edukasi Penguatan Sikap Toleransi Kepada Siswa SMAK BASIC Kota Batam. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(1), 53–55. https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i1.2 28

Prakoso, B. (2024). Urgensi Literasi di Tengah Gelombang Informasi. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, 2004, 1–4. https://www.uwks.ac.id/artikel/20242 4022212266129/33651/urgensi- literasi-di-tengah-gelombang- informasi#:~:text=Definisi lain menyebutkan bahwa literasi,dasar dari semua bentuk literasi.

Syafrudin, U. (2020). Penguatan Self- Esteem Anak Panti Asuhan Melalui COREL (Cinta, Olahraga, Rekreasi, Edukasi Dan Literasi). Jurnal

Sumbangsih, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.23960/jsh.v1i1.7

Widiatmoko, S. A., Pek, K., Iman, F. E. N., Annisa, A. T. R., Wulandari, F., Gupita, O. N., & Rusdi, A. (2021). Islamic Tolerance in World 4.0: Membentuk Kepribadian Toleran dan Hubungannya dengan Self-Control dalam Bersosial Media. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 3(1), 32–39.

https://doi.org/10.20885/jamali.vol3.i ss1.art5

Downloads

Published

2025-09-30

Most read articles by the same author(s)