Pengenalan Konsep Internet of Things (IoT) untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa di SMA Negeri 26 Batam
DOI:
https://doi.org/10.37253/se.v3i4.11347Keywords:
Internet of Things, Literasi Digital, SMA, Pengabdian kepada MasyarakatAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep Internet of Things (IoT) kepada siswa SMA Negeri 26 Batam untuk meningkatkan literasi digital siswa. Permasalahan yang diangkat adalah minimnya pemahaman siswa terhadap perkembangan teknologi mutakhir, khususnya IoT, serta belum adanya pendekatan pembelajaran yang membahas secara kontekstual di sekolah. Kegiatan ini menekankan pemahaman dasar melalui presentasi visual, diskusi, kuis, dan penugasan berbasis studi kasus dalam bentuk pembuatan poster. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu memahami konsep dasar IoT dan mengekspresikan gagasannya secara kreatif. Kegiatan ini juga mempererat kerja sama antara kampus dan sekolah dalam membangun kesadaran teknologi sejak dini.
Downloads
References
Adhicandra, I., Khasanah, F. N., Muhammadiah, M., Sabri, S., & Maharaja, C. H. (2024). The Impact of Integrating Internet of Things (IoT) Technology in Learning on Class Management Efficiency. Journal of Computer Science Advancements, 2(3), 136–157. https://doi.org/10.70177/jsca.v2i3.928
Ahmed, B. S., Bures, M., Frajtak, K., & Cerny, T. (2019). Aspects of Quality in Internet of Things (IoT) Solutions: A Systematic Mapping Study. http://arxiv.org/abs/1901.10579
Badshah, A., Ghani, A., Daud, A., Jalal, A., Bilal, M., & Crowcroft, J. (2023). Towards Smart Education through the Internet of Things: A Review. https://doi.org/10.1145/3610401
Bandyopadhyay, D., & Sen, J. (2011). Internet of Things: Applications and Challenges in Technology and Standardization. http://arxiv.org/abs/1105.1693
Cahyadi Maseri, A. (2025). PEMANFAATAN TEKNOLOGI IoT UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN PENGELOLAAN SARANA PRASARANA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM UTILIZATION OF IoT TECHNOLOGY TO SUPPORT INTERACTIVE LEARNING AND MANAGEMENT OF FACILITIES IN INFRASTRUCTURE IN ISLAMIC EDUCATIONAL INSTITUTIONS. SIBATIK JOURNAL | VOLUME, 4(6). https://doi.org/10.54443/sibatik.v4i6.2832
Latief, M. F., Irmansyah, I., & Rosyidi, L. (2025). Sistem Pemantauan Ruang Kelas berbasis Internet of Things (IoT) untuk Proses Pendidikan yang Efektif. Digital Transformation Technology, 4(2), 1278–1284. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.5485
Mulyono, S., Badie’ah, B., Haviana, S. F. C., Sulaiman, N. S., Yacob, A., Hermawan, H. M., & Riziq, A. Y. (2024). Pelatihan IoT Berbasis ESP32 bagi SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang untuk Peningkatan Literasi dan Talenta Digital. Indonesian Journal of Community Services, 6(2), 175. https://doi.org/10.30659/ijocs.6.2.175-183
Rasyid, R. E., Aisa, S., & Rizal, A. (2024). Global Trends and Contributions of Internet of Things (IoT) Research in Education: A Bibliometric Analysis. Mimbar Ilmu, 29(3), 500–506. https://doi.org/10.23887/mi.v29i3.89589
Syafruddin, S., Agustina, I., Jemmy, J., Komari, K., & Santosa, T. A. (2023). Effectiveness of IoT-Based Flipped Classroom Model on Students’ Critical Thinking Skills: A Meta-Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 883–891. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.5265
Yuniarto, B., & Panji Yudha, R. (2021). The journal of social and economic education. In Jurnal Edueksos: Vol. X (Issue 2).
Zubaidi, A., Suta Wijaya, I. G. P., Irmawati, B., & Arimbawa, I. W. A. (2019). PENGENALAN TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN DI SEKITAR BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 MATARAM. Abdi Insani, 6(1), 80. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i1.193