Pengenalan Konsep Internet of Things (IoT) untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa di SMA Negeri 26 Batam

Authors

  • Junior Ikhlas Universitas Internasional Batam
  • Andik Yulianto Universitas Internasional Batam
  • Heru Wijayanto Aripradono Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/se.v3i4.11347

Keywords:

Internet of Things, Literasi Digital, SMA, Pengabdian kepada Masyarakat

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep Internet of Things (IoT) kepada siswa SMA Negeri 26 Batam untuk meningkatkan literasi digital siswa. Permasalahan yang diangkat adalah minimnya pemahaman siswa terhadap perkembangan teknologi mutakhir, khususnya IoT, serta belum adanya pendekatan pembelajaran yang membahas secara kontekstual di sekolah. Kegiatan ini menekankan pemahaman dasar melalui presentasi visual, diskusi, kuis, dan penugasan berbasis studi kasus dalam bentuk pembuatan poster. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu memahami konsep dasar IoT dan mengekspresikan gagasannya secara kreatif. Kegiatan ini juga mempererat kerja sama antara kampus dan sekolah dalam membangun kesadaran teknologi sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhicandra, I., Khasanah, F. N., Muhammadiah, M., Sabri, S., & Maharaja, C. H. (2024). The Impact of Integrating Internet of Things (IoT) Technology in Learning on Class Management Efficiency. Journal of Computer Science Advancements, 2(3), 136–157. https://doi.org/10.70177/jsca.v2i3.928

Ahmed, B. S., Bures, M., Frajtak, K., & Cerny, T. (2019). Aspects of Quality in Internet of Things (IoT) Solutions: A Systematic Mapping Study. http://arxiv.org/abs/1901.10579

Badshah, A., Ghani, A., Daud, A., Jalal, A., Bilal, M., & Crowcroft, J. (2023). Towards Smart Education through the Internet of Things: A Review. https://doi.org/10.1145/3610401

Bandyopadhyay, D., & Sen, J. (2011). Internet of Things: Applications and Challenges in Technology and Standardization. http://arxiv.org/abs/1105.1693

Cahyadi Maseri, A. (2025). PEMANFAATAN TEKNOLOGI IoT UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN PENGELOLAAN SARANA PRASARANA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM UTILIZATION OF IoT TECHNOLOGY TO SUPPORT INTERACTIVE LEARNING AND MANAGEMENT OF FACILITIES IN INFRASTRUCTURE IN ISLAMIC EDUCATIONAL INSTITUTIONS. SIBATIK JOURNAL | VOLUME, 4(6). https://doi.org/10.54443/sibatik.v4i6.2832

Latief, M. F., Irmansyah, I., & Rosyidi, L. (2025). Sistem Pemantauan Ruang Kelas berbasis Internet of Things (IoT) untuk Proses Pendidikan yang Efektif. Digital Transformation Technology, 4(2), 1278–1284. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.5485

Mulyono, S., Badie’ah, B., Haviana, S. F. C., Sulaiman, N. S., Yacob, A., Hermawan, H. M., & Riziq, A. Y. (2024). Pelatihan IoT Berbasis ESP32 bagi SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang untuk Peningkatan Literasi dan Talenta Digital. Indonesian Journal of Community Services, 6(2), 175. https://doi.org/10.30659/ijocs.6.2.175-183

Rasyid, R. E., Aisa, S., & Rizal, A. (2024). Global Trends and Contributions of Internet of Things (IoT) Research in Education: A Bibliometric Analysis. Mimbar Ilmu, 29(3), 500–506. https://doi.org/10.23887/mi.v29i3.89589

Syafruddin, S., Agustina, I., Jemmy, J., Komari, K., & Santosa, T. A. (2023). Effectiveness of IoT-Based Flipped Classroom Model on Students’ Critical Thinking Skills: A Meta-Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 883–891. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.5265

Yuniarto, B., & Panji Yudha, R. (2021). The journal of social and economic education. In Jurnal Edueksos: Vol. X (Issue 2).

Zubaidi, A., Suta Wijaya, I. G. P., Irmawati, B., & Arimbawa, I. W. A. (2019). PENGENALAN TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN DI SEKITAR BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 MATARAM. Abdi Insani, 6(1), 80. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i1.193

Downloads

Published

2025-09-30