UIB Peduli: Mahasiswa Berbagi Ilmu dan Kasih Sayang di Panti Asuhan Al-Aqsho

Authors

  • Renny Christiarini Universitas Internasional Batam
  • Naila Ramadani Universitas Internasional Batam
  • Helen Universitas Internasional Batam
  • Vivikoh Universitas Internasional Batam
  • Vincent Universitas Internasional Batam
  • Davin Erryson Universitas Internasional Batam
  • Bely Novi Yanti Universitas Internasional Batam
  • Chen Chin Fong Universitas Internasional Batam
  • Winsen Universitas Internasional Batam
  • Daffa Dzaki Raiis Universitas Internasional Batam
  • Shereen Universitas Internasional Batam
  • Octarianto Lika Ng Universitas Internasional Batam
  • Selvi Elyana Wijaya Universitas Internasional Batam
  • Constantine Alexios Universitas Internasional Batam
  • Angel Universitas Internasional Batam
  • Yohana Gusvita Manalu Universitas Internasional Batam
  • Axel Nathanael Lunda Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/se.v3i4.11312

Keywords:

Pengabdian kepada Masyarakat, Edukasi 3R, Permainan Edukatif, Pojok Literasi, Panti Asuhan

Abstract

Kurangnya aktivitas yang bersifat edukatif dan interaktif di panti asuhan dapat menyebabkan rendahnya tingkat kesadaran lingkungan, literasi, serta empati sosial pada anak-anak sejak dini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menyalurkan ilmu, kebahagiaan, dan kasih sayang kepada anak-anak di Panti Asuhan Al-Aqsho Batam. Pelaksanaannya meliputi edukasi mengenai 3R (Reduce, Reuse, Recycle), permainan edukatif (edugame), serta penyediaan pojok literasi untuk mendorong anak-anak membaca dan berbagi cerita. Selain itu, kegiatan juga diisi dengan pembagian sembako dan buku bacaan. Hasil pelaksanaan menunjukkan tingginya antusiasme anak-anak, peningkatan pemahaman terhadap pentingnya pengelolaan sampah dan literasi, serta tercipta hubungan emosional yang positif antara mahasiswa dengan anak-anak panti. Adapun rekomendasi agar kegiatan serupa di masa mendatang dapat memperluas topik edukasi dan memperpanjang waktu pelaksanaannya demi hasil yang lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitri, N. L., & Hamidah, N. (2023). “Pengaruh Permainan Edukatif Terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia.

Haris, M., & Yuliani, D. (2021). “Analisis Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Dalam Organisasi.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen.

Kehutanan., Kementerian Lingkungan Hidup dan. (2021). “Strategi Nasional Pendidikan Lingkungan Hidup Di Indonesia.” Jakarta: KLHK.

Ningsih, T. S., & Hartati, S. (2022). “Pendekatan Pembelajaran Berbasis Anak Dalam Edukasi Lingkungan Hidup.” Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat.

Nurhasanah, I., & Fauzi, M. (2021). “Interaksi Sosial Anak Di Panti Asuhan: Tinjauan Psikososial Dan Pendidikan.” Jurnal Psikologi Perkembangan.

Nurhayati, R., & Ramadhan, S. (2021). “Pendidikan Karakter Dan Penguatan Nilai Sosial Di Lingkungan Mahasiswa.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 7(2).

Putri, A. Y., & Hadi, S. (2020). “Strategi Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Pojok Baca Interaktif.” Jurnal Literasi Nusantara.

Rahma, S. A., & Wibowo, T. A. (2023). “Peningkatan Literasi Anak Melalui Kegiatan Membaca Dan Menceritakan Ulang.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.

Rahmawati, D., & Hasanah, S. (2021). “Penerapan Metode Bermain Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak.

Rizki, M. D., & Astuti, R. W. (2022). “Pendampingan Literasi Anak Usia Sekolah Dasar Di Komunitas Binaan.” Jurnal Pendidikan Masyarakat.

Saputri, R. A., & Wijayanti, D. (2021). “Metode Edukatif Partisipatif Dalam Pengembangan Literasi Lingkungan Anak.” Jurnal Pendidikan Masyarakat Indonesia.

Sari, M. N., & Prasetyo, A. H. (2022). “Edukasi Pengelolaan Sampah 3R Melalui Metode Partisipatif Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri,.

Suryani, D., & Lestari, A. P. (2021). “Peran Aktivitas Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaboratif Anak.” Jurnal Pendidikan Karakter,.

Utami, N. A., & Kurniawan, R. (2023). “Peran Relawan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Panti.” Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat.

Wulandari, M., & Pramudita, A. (2023). “Penggunaan Media Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Lingkungan Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak.

Yuliana, N., & Kurniasih, D. (2021). “Pendekatan Pengalaman Bahasa Dalam Pengembangan Literasi Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Angel Laura, R. H. (2024). Pojok Baca Sebagai Langkah Awal Menuju Literasi yang Kuat Bagi Anak Usia Dini. Al-Abyadh.

Denpasar, U. M. (2023). Bakti Sosial Sebagai Wujud Kepedulian Dan Cinta Lingkungan Di Kelurahan Kolo, Kota Bima. Jurnal Dharma Jnana, 205-213.

Pratiwi, A. (2023). Bakti Sosial Sebagai WujudKepedulian Dan Cinta Lingkungan Di Kelurahan Kolo, Kota Bima. Jurnal Dharma Jnana, 205-21

Silitonga, T. F. (2023). Peran Panti Asuhan Yayasan Rumah Bakti Kasih Anak Indonesia dalam Membentuk Karakter Anak Panti. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1-6.

Tri Ayu Gutiawati, D. K. (2022). Penerapan Metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Untuk Menstimulasi Kreativitas Pada Anak Usia Dini di Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 46-55.

UU No. 12 Tahun 2012, P. 4. (n.d.).

Database Peraturan JDIH BPK. Retrieved from Database Peraturan JDIH: https://peraturan.bpk.go.id/Details/ 39063/uu-no-12-tahun-2012

Downloads

Published

2025-09-30