Penguatan Sistem Pemantauan Kesehatan Digital Berbasis UI/UX di SMK Bagimu Negeriku

Authors

  • Dody Indra Sumantiawan Universitas Nasional Karangturi Semarang
  • Budi Santoso Universitas Nasional Karangturi Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37253/se.v3i3.10601

Keywords:

Sistem Informasi Kesehatan, UI/UX, Design Thinking

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses pencatatan dan pemantauan data kesehatan siswa melalui penerapan sistem digital berbasis UI/UX di SMK Bagimu Negeriku, Semarang. Sistem ini dirancang sebagai solusi atas permasalahan pengelolaan data kesehatan siswa yang masih dilakukan secara manual, sehingga berisiko terhadap kehilangan data, keterbatasan akses informasi, dan lambatnya proses pengambilan keputusan terkait kesehatan siswa di lingkungan asrama. Metode kegiatan meliputi analisis kebutuhan pengguna, penyusunan materi pelatihan, pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan sistem digital, serta pendampingan implementasi di lapangan. Evaluasi terhadap efektivitas sistem dilakukan menggunakan instrumen System Usability Scale (SUS). Sebanyak 12 peserta, yang terdiri dari pamong wisma, wali kelas, dan staf pengelola sekolah, mengikuti kegiatan ini. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa seluruh peserta memahami proses input data, pemantauan riwayat kesehatan, serta penggunaan fitur notifikasi dan pelaporan dalam sistem. Evaluasi kuesioner pasca pelatihan menunjukkan bahwa 92% peserta menilai sistem ini lebih efisien dibandingkan metode manual sebelumnya, sementara 83% peserta menyatakan kemudahan dalam pengoperasian meskipun memiliki keterbatasan dalam literasi teknologi. Skor SUS sebesar 85,23 mengindikasikan sistem ini memiliki tingkat usability yang tinggi dan diterima baik oleh pengguna. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil meningkatkan kapasitas pemanfaatan teknologi digital oleh pamong dan guru dalam rangka menciptakan sistem pemantauan kesehatan siswa yang efektif, efisien, dan berkelanjutan di lingkungan sekolah berasrama.

References

Ansori, S., Hendradi, P., & Nugroho, S. (2023). Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1072–1081. https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3648

Candra, A., Sukmasetya, P., Hendradi, P., & Soegeng, J. M. B. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus SISFO SKPI UNIMMA). Jurnal Teknologi Informasi, 11(5), 1125–1136.

FDA (U.S. Food and Drug Administration). (2025). What is Digital Health? Retrieved March 1, 2025, from https://www.fda.gov/medical-devices/digital-health-center-excellence/what-digital-health

Juliansyah, I., & Paputungan, I. V. (2022). Perancangan User Experience Pada Website Penjualan Kerajinan Tangan Dengan Metodologi Design Thinking.

Putri, R. M. A., Parwita, W. G. S., Handika, I. P. S., Sudipa, I. G. I., & Santika, P. P. (2024). Evaluation of Accounting Information System Using Usability Testing Method and System Usability Scale. Sinkron, 9(1), 32–43. https://doi.org/10.33395/sinkron.v9i1.13129

Tamimi, F., & Munawaroh, S. (2024). Teknologi Sebagai Kegiatan Manusia Dalam Era Modern Kehidupan Masyarakat. Saturnus: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(3), 66–74. https://doi.org/10.61132/saturnus.v2i3.157

Wibisono, I. H., Wijoyo, S. H., & Rachmadi, A. (2022). Analisis dan Perbaikan Usability Situs Halo FILKOM menggunakan Metode Design Thinking dan System Usability Scale. Retrieved from http://j-ptiik.ub.ac.id

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles