Pelatihan Maharah Kitabah Berbasis ChatGPT: Peningkatan Keterampilan Menulis Mahasiswa Bahasa Arab

Authors

  • Isnol Khotimah Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.37253/se.v3i2.10592

Keywords:

Maharah Kitabah, ChatGPT, AI, Pembelajaran Bahasa Arab, PAR

Abstract

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis (Maharah Kitabah) teks naratif dan argumentatif berbahasa Arab mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab semester II Universitas Nurul Jadid, melalui pemanfaatan ChatGPT untuk koreksi otomatis, perluasan ide, dan latihan kebahasaan mandiri. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan s (PAR), menekankan keterlibatan aktif 29 peserta dalam mengidentifikasi kendala, menyusun solusi, dan merefleksikan hasil praktik. Pelatihan terbagi dua tahapan: sesi tatap muka 120 menit praktik penulisan dan simulasi ChatGPT, dilanjutkan pendampingan daring dua minggu melalui Telegram. Mahasiswa menggunakan ChatGPT untuk koreksi struktur kalimat dan kosakata. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada ketepatan struktur gramatikal, koherensi paragraf, penggunaan kosakata kontekstual, kemandirian, serta keaktifan menulis. Partisipasi mahasiswa tergolong tinggi, menunjukkan antusiasme dalam merespons umpan balik dan mengoreksi tulisan. Integrasi teknologi generatif ini efektif mengisi kesenjangan pembelajaran konvensional, terutama koreksi berkelanjutan dan feedback cepat. Pendekatan ini membangun ekosistem belajar kolaboratif dan literasi digital. Secara keseluruhan, pelatihan ini membuktikan efektivitas integrasi teknologi AI dalam pengembangan keterampilan menulis, baik aspek teknis kebahasaan maupun metakognitif seperti refleksi diri, otonomi belajar, dan literasi digital.

References

Al-Faruqi, S. (2020) ‘AI-Based Speech Recognition dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Linguistik Arab, 6(1), pp. 25–32.

Arifin, N.S. (2022) ‘TalkPal dan Peningkatan Kemampuan Argumentatif Mahasiswa’, Jurnal Media Bahasa Arab, 3(2), pp. 88–95.

Awalia, H., Muyasarah, I. and Zamilah, A. (2024) ‘Pelatihan Pengolahan Data Analisis Korelasi kepada Mahasiswa Akhir Tahap Skripsi di FEBI IAI Darussalam Martapura bersama FEBI Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo’, Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Fauziah, N. and Mubarok, A.S. (2024) ‘Sinergi Guru dan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Digital’, Jurnal Pendidikan Interaktif, 4(3), pp. 119–127.

Halisah, H. (2023) ‘Pengaruh Penggunaan AI terhadap Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Mahasiswa’, Jurnal Pengajaran Bahasa Arab, 7(1), pp. 30–38.

Hidayat, R. (2022) ‘Model Simulasi Penulisan Bahasa Arab dengan AI’, Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Arab, 3(2), pp. 70–78.

Jalaludin, M.R.A. and Naseha, S.D. (2025) ‘Penerapan Pembelajaran Adaptif Berbasis Chatbot AI untuk Meningkatkan Penguasaan Maharah Kitabah’, An-Nuqthah: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 5(1), pp. 67–74.

Latifah, A.R. (2021) ‘Visualisasi Interaktif Berbasis AI untuk Peningkatan Pembelajaran Bahasa’, Jurnal Pendidikan Bahasa Asing, 4(1), pp. 55–62.

Lestari, F. (2023) ‘Pemanfaatan ChatGPT untuk Meningkatkan Literasi Digital Mahasiswa’, Jurnal Pendidikan Berbasis Teknologi, 5(3), pp. 101–108.

Maulidiyah, T.Q. (2022) ‘Teka-Teki Silang dan Media Presentasi AI dalam Pembelajaran Interaktif’, Jurnal Teknologi Edukatif, 2(2), pp. 90–98.

Muhammad, N.A. and Mufidah, N. (2025) ‘Penerapan Teknologi AI dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Maharah Kitabah di Era Digital’, Maharaat Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), pp. 56–74. Available at: http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/JPBA

Naseha, N., Utami, S. and Sari, H. (2024) ‘Kolaborasi AI dan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Edukasi Digital, 5(1), pp. 11–23.

Nugraheni, A.N. (2022) ‘Artificial Intelligence dalam Transformasi Pembelajaran Bahasa Asing’, Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), pp. 12–20.

Prasetyo, D.A. (2023) ‘ChatGPT dan Pelatihan Maharah Kitabah Mandiri’, Jurnal AI dan Pembelajaran Bahasa, 1(1), pp. 17–25.

Qushwa, F.G. (2024) ‘Integration of Artificial Intelligence in Online Learning: Analyzing the Impact on Student Learning Outcomes’, IJIT: International Journal of Islamic Teaching, 4(2), pp. 105–116. Available at: https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/IJIT/article/view/9328

Ramadhani, M.F. (2021) ‘AI dan Maharah Kitabah: Pendekatan Baru dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(2), pp. 145–157.

Robbani, A.S., Atmantika, Z.H. and Bhavani, S.G.A.E. (2023) ‘Eksistensi ChatGPT dalam Dunia Akademik Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab’, Insyirah: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Studi Islam, 6(2), pp. 186–198. doi: 10.26555/insyirah.v6i2.9440.

Zahro, K.M. (2023) ‘Pendidikan Bahasa Arab di Era Society 5.0: Tantangan dan Solusi Digital’, Jurnal Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, 3(1), pp. 15–24.

Downloads

Published

2025-07-29

Issue

Section

Articles