Pemberdayaan UMKM Berbasis SISDAMAS oleh Kelompok 6 KKN Moderasi Beragama IV di Desa Babakanmulya

Authors

  • Dela Tiara Putri UIN Kiai Ageng Muhammad Besari Ponorogo
  • Fery Diantoro UIN Kiai Ageng Muhammad Besari Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.37253/se.v3i3.10497

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Partisipasi Aktif, Pengembangan UMKM

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kemandirian ekonomi masyarakat Desa Babakanmulya, Kabupaten Kuningan melalui pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan siklus berbasis SISDAMAS (Berbasis Pemberdayaan Masyarakat) dengan mahasiswa sebagai fasilitator dalam pelatihan manajerial, pengembangan produk, dan strategi pemasaran. Kegiatan diikuti oleh sekitar 10 pelaku usaha lokal yang mengikuti pelatihan pemasaran digital dan teknik pengemasan produk. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap pentingnya inovasi dan kualitas produk untuk bersaing di pasar yang lebih luas. Meskipun masih terdapat kendala dalam akses pasar dan permodalan, kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran kolektif masyarakat terhadap potensi lokal dan mendorong kemandirian ekonomi yang berkelanjutan melalui keterlibatan aktif pelaku usaha lokal. Sebagai langkah keberlanjutan, dilakukan pendampingan dalam pengurusan legalitas usaha seperti NIB, sertifikasi halal, dan pengajuan ke UPTD PLUT KUMKM.

References

Ayuni, Q., Cangara, H., Arianto. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Digital terhadap Tingkat Penjualan Produk Kuliner Kemasan. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 23(2): 129-141.

Bahtiar, A. (2023). Jaringan Sosial Pelaku UMKM Kuliner: Studi pada Komunitas Rangkul Kota Semarang. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang). https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22196.

Diana, Hakim, L., & Fahmi, M. (2022). Analisis Faktor yang Memengaruhi Kinerja UMKM di Tangerang Selatan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(2).

Fitriyani, I., Sumbawati, N. K., & Rahman, R. (2021). Peran Kemampuan Manajerial dan Lingkungan Industri dalam meningkatkan kualitas UMKM. Jurnal Tambora, 5(3), 35-39.

Gentari, R. E., & Dewi, L. M. (2024). Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tempe di Kampung Cidadap Banjarsari Cipocok Jaya Kota Serang. Jurnal Pengabdian Vokasi, 3(1): 14-18

Gumelar, A. A., Faozan, F. M., Nugraha, M. A., Amelia, T., Apipah, Y., & Ridwanullah, A. I. (2021). Kkn Sisdamas: Maksimalisasi Pemberdayaan Masyarakat dan Merdeka Belajar dalam Unit Pendidikan di Desa Cimuncang. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(54), 31-39. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1462.

Ismail, A. (2022). Memperkuat Pengorganisasian Masyarakat. Jurnal sains, sosial, dan Humaniora, 2(1).

Marjukah, A. (2022). Pengaruh Pelatihan Pemasaran Digital terhadap Kinerja UMKM pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 20(1). Hal. 1-12.

Oktaviani, Q., Diana, F., Tiara, E., Setyadi, H., Roziq, M. W. A., & Riofita, H. (2023). Peran e-commerce dalam pemasaran produk UMKM. WANARGI: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 1(2), 16-21. https://doi.org/10.62017/wanargi.

Rijal, S. (2023). The Importance of Community Involvement in Public Management Planning and Decision-Making Processes. Journal of Contemporary Administration and Management (ADMAN), 1(2), Page 84-92. DOI: https://doi.org/10.61100/adman.v1i2.27

Sururie, R. W. Aziz, M. Muttaqin, W. Uriawan, M. Zulqiah, Y. Mardiansyah, & F. Fridayanti. (2019). Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.15575/jak.v2i1.4832.

Saehu, A., & Nugraha, F. (2019). KKN Sisdamas: Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Penggunaan Smartphone untuk Marketplace. Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Saputri, A. Y., & Setiyono, B. (2019). Analisis Stakeholders Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kampung Tematik Kota Semarang (Studi Kasus: Kampung Tematik Jajan Pasar, Kelurahan Gajahmungkur). Journal of Politic and Government Studies, 8(04), 201-210. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/25049

Santi, I. N., Parawangsa, I., & Parani, S. B. (2024). Eksplorasi Faktor Penghambat Adopsi Digital Marketing pada UMKM di Kota Palu. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 21(2).

Septiana, I. N., Rozi, A. F., & Muar, R. (2019). Analisis Masalah dan Solusi Prioritas Pengembangan UMKM. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah, 3(1), 1-16. https://doi.org/10.33379/jihbiz.v3i1.785

Surachman, L., Triana, L., Kartika, R., Salapudin, S., Romli, O., Sumarsid, S., & Yollanda, Y. (2023). Pelatihan inovasi produk dan pemasaran untuk meningkatkan merk UMKM di Banten. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 3(3), 1-15. https://doi.org/10.53067/ijecsed.v3i3

Syairozi, M. I. (2020). Analisis Kemiskinan di Sektor Pertanian (Studi Kasus Komoditas Padi di Kabupaten Malang). Media ekonomi, 28(2), 114-128. DOI: http://dx.doi.org/10.25105/me.v28i2.7169.

Zhao, Y., Zhao, X., & Liu, Y. (2022). Exploring the impact of online and offline channel advantages on Brand Relationship Performance: The Mediating Role of consumer perceived value. Behavioral Sciences, 13(1), 16. doi:10.3390/bs13010016.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles