Perancangan dan Penerapan Strategi Digital Marketing pada UMKM HU Foodcourt
DOI:
https://doi.org/10.37253/se.v3i1.10043Keywords:
digital marketing, social media marketing, Marketing StrategyAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh strategi pembuatan konten media sosial terhadap keterlibatan pelanggan dan daya tarik calon pelanggan di HU Foodcourt, sebuah UMKM kuliner di Batam. Dengan memanfaatkan pemasaran digital, HU Foodcourt bertujuan memperluas jangkauan bisnis, meskipun tantangan utamanya adalah kurangnya pemanfaatan teknologi dan media sosial secara maksimal oleh UMKM. Menggunakan pendekatan kualitatif dan triangulasi metodologi, penelitian ini mengumpulkan data dari pelanggan dan pemilik usaha untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Fokus penelitian adalah pada pemasaran konten media sosial yang menampilkan tenant, fasilitas, dan kegiatan di HU Foodcourt, serta upaya untuk memperkenalkan konsep foodcourt ramah keluarga. Langkah yang diambil mencakup optimalisasi Instagram, kolaborasi dengan influencer, dan penggunaan desain moodboard yang lebih menarik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan pelanggan di media sosial serta respons positif terhadap pemasaran digital yang dilakukan, yang berhasil meningkatkan interaksi dan menarik lebih banyak pengunjung.Downloads
References
Antaranews. (2024). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Mencapai 221 Juta Jiwa. Diakses dari https://www.antaranews.com/berita/3431034/survei-apjii-catat-peningkatan-penetrasi-pengguna-internet-indonesia
Arianto, B. (2024). Triangulasi Metode Penelitian Kualitatif. Kalimantan Timur: Borneo Novelty Publishing, 251, 92.
Jasrin, A. N., Hasanuddin, & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research (6th ed.). London: Sage Publications.
https://doi.org/10.4135/9781529716641 8-15
Lady, Shevia, S., & Nurjanah, L. (2024). Optimizing Customer Engagement: Employing Triangulation Methodology to Improve Social Media Content Strategy for MSME. Journal of Business & Applied Management, 17(1), 001. https://doi.org/10.30813/jbam.v17i1.5252 3-22
Rahmawati, D., Hidayat, D., & Fadillah, M. (2023). Peran media sosial dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(1), 23-36
Rudianto, Z. R. V. (2023). Strategi Pemasaran Digital Bagi UMKM Untuk Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 449–456. https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i2.230
Setiawan, A., Wibowo, R., & Handayani, R. (2022). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian produk UMKM. Jurnal Pemasaran Digital, 10(2), 45-59