Pengaruh Pembelajaran Inklusif Terhadap Kemudahan Akses Bagi Anak Untuk Menggapai Keadilan

Authors

  • Ivania Gladwin Universitas Internasional Batam
  • hansing hansing Universitas Internasional Batam
  • Sylviany Sylviany Universitas Internasional Batam
  • Octaviana Kwa
  • Grace Grainne Universitas Internasional Batam
  • Nicholas Kho Universitas Internasional Batam
  • Tazki Tazki Universitas Internasional Batam
  • Falda Suheri Universitas Internasional Batam
  • Yelisa Yelisa Universitas Internasional Batam
  • Hendra Hendra Universitas Internasional Batam
  • Wilson Wilson Universitas Internasional Batam
  • Marco Marco Universitas Internasional Batam
  • Jolin Tan
  • Nicholas Nicholas Universitas Internasional Batam
  • Mutia Mutia Universitas Internasional Batam
  • Daniel Daniel Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/nacospro.v6i1.9631

Keywords:

kesetaraan pendidikan, pendidikan inklusif, praktik inklusif, kebutuhan khusus, pelatihan guru

Abstract

Pembelajaran inklusif memegang peranan penting dalam menyediakan akses pendidikan yang adil dan setara bagi semua anak, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus. Artikel ini mengkaji pengaruh pembelajaran inklusif terhadap keadilan pendidikan, dengan menyoroti berbagai tantangan dan peluang dalam pelaksanaannya. Melalui metode literature review, artikel ini menemukan bahwa meskipun pembelajaran inklusif menghadapi berbagai tantangan seperti kurangnya sumber daya, keterbatasan pelatihan guru, dan stigma sosial, terdapat peluang signifikan yang dapat dimanfaatkan. Kemajuan teknologi, peningkatan kesadaran dan dukungan dari berbagai pihak, serta kolaborasi yang efektif dapat memperkuat implementasi pendidikan inklusif. Dengan komitmen dari pemerintah, sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat, pendidikan inklusif dapat menjadi sarana yang kuat untuk mencapai keadilan pendidikan sertamembangun masyarakat yang lebih inklusif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-01