Pengaruh Pembelajaran Inklusif Terhadap Kemudahan Akses Bagi Anak Untuk Menggapai Keadilan
DOI:
https://doi.org/10.37253/nacospro.v6i1.9631Keywords:
kesetaraan pendidikan, pendidikan inklusif, praktik inklusif, kebutuhan khusus, pelatihan guruAbstract
Pembelajaran inklusif memegang peranan penting dalam menyediakan akses pendidikan yang adil dan setara bagi semua anak, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus. Artikel ini mengkaji pengaruh pembelajaran inklusif terhadap keadilan pendidikan, dengan menyoroti berbagai tantangan dan peluang dalam pelaksanaannya. Melalui metode literature review, artikel ini menemukan bahwa meskipun pembelajaran inklusif menghadapi berbagai tantangan seperti kurangnya sumber daya, keterbatasan pelatihan guru, dan stigma sosial, terdapat peluang signifikan yang dapat dimanfaatkan. Kemajuan teknologi, peningkatan kesadaran dan dukungan dari berbagai pihak, serta kolaborasi yang efektif dapat memperkuat implementasi pendidikan inklusif. Dengan komitmen dari pemerintah, sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat, pendidikan inklusif dapat menjadi sarana yang kuat untuk mencapai keadilan pendidikan sertamembangun masyarakat yang lebih inklusif.