Profile Video Design and Development of Ananda High School Batam
DOI:
https://doi.org/10.37253/nacospro.v6i1.9550Keywords:
Profile Video, MDLC, Concept, PromotionAbstract
Makalah ini merinci proses produksi video profil untuk SMA Ananda, sebuah institusi pendidikan swasta di Kota Batam yang didirikan pada tahun 2001. Sekolah ini telah mengalami kesulitan dalam hal visibilitas dan menurunnya pendaftaran siswa karena lokasinya yang berada di daerah pemukiman dan persaingan dari sekolah-sekolah yang lebih baru. Untuk mengatasi tantangan ini, SMA Ananda telah berkolaborasi dengan Universitas Internasional Batam untuk menghasilkan alat promosi digital dalam bentuk video profil. Pengembangan video ini menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi serangkaian tahapan, termasuk pengembangan konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Makalah ini menguraikan metodologi yang digunakan, proses yang dilakukan, dan dampak yang diantisipasi dari video profil terhadap kehadiran digital sekolah dan keterlibatan masyarakat. Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat video profil yang akan diunggah ke saluran YouTube dan situs web sekolah dengan tujuan untuk menarik calon siswa dan orang tua mereka.