Perancangan dan Implementasi Media Pembelajaran Elemen Konsentrasi 4: Pemasaran Produk Wisata Berbasis Digital di SMK Negeri 2 Batam Menggunakan Metode MDLC
DOI:
https://doi.org/10.37253/nacospro.v5i1.8316Keywords:
Multimedia Development, Learning Media, School, MDLCAbstract
SMK Negeri 2 Batam adalah sekolah menengah kejuruan yang berlokasi di Kota Batam dan didirkan sejak tahun 2006. Dengan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, SMK Negeri 2 Batam bertujuan untuk mencetak siswa-siswa yang memiliki keterampilan dan kemampuan yang siap untuk bekerja di industri dan dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah video pembelajaran dengan materi pemasaran produk wisata berbasis kuliner dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar antara guru dan murid. Video animasi ini dibuat menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, Adobe Premiere Pro, dan Adobe After Effects dengan menggabungkan materi, gambar, maupun animasi yang telah disusun. Luaran dari media pembelajaran dalam bentuk video tersebut berdurasi sekitar 4 menit yang berisikan materi yang telah dikumpulkan dan disusun bersama dengan mitra.