Inovasi Pembangunan Reading Corner Sebagai Upaya Peningkatan Budaya Literasi Anak di Panti Asuhan Nurjannah Batam
DOI:
https://doi.org/10.37253/nacospro.v5i1.8268Keywords:
Literacy, Orphanage, Reading Corner, Reading InterestAbstract
Literasi yang merupakan salah satu keterampilan penting di kehidupan sehari-hari juga merupakan cerminan tingkat kesejahteraan dan kemajuan peradaban suatu negara. Dalam peringkat tingkat literasi di dunia, Indonesia menduduki peringkat ke-62 dari 70 negara. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat di Indonesia memiliki kesadaran budaya literasi yang rendah. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan budaya literasi di Indonesia, khususnya bagi generasi milenial yang merupakan generasi penerus bangsa. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan merangsang minat baca anak-anak panti asuhan serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk menikmati berbagai buku menarik dengan kebebasan dalam memilih bacaan. Dengan metode pelaksanaan difusi ipteks melalui artikel untuk menyebarkan informasi dan mediasi dengan pengelola panti asuhan untuk mendukung program literasi, PKM ini telah menghasilkan temuan pembangunan reading corner di Panti Asuhan Nurjannah Batam yang memiliki dampak positif yaitu peningkatan budaya literasi oleh anak-anak Panti Asuhan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya dalam kegiatan ini ialah dengan melakukan evaluasi yang lebih mendalam untuk mengatasi kendala, meningkatkan interaksi yang lebih inklusif, dan mempertahankan koordinasi yang baik dengan pihak panti asuhan.