Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Keluhan Warga di Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Belakang Padang

Main Article Content

Suwarno Suwarno
Jonathan Jonathan
Marvin Christian

Abstract

Sebagai bentuk inisiasi dalam program desa digital, Kelurahan Tanjung Sari telah merintis perkembangan sarana informasi teknologi untuk menyediakan layanan yang terpadu kepada masyarakat. Satu di antara faktor kunci dalam pelayanan masyarakat adalah memahami kebutuhan dan mendengarkan suara dari masyarakat tersebut. Menjadikan faktor ini sebagai pertimbangan dengan diadakannya program desa digital, sangat penting bagi Kelurahan Tanjung Sari untuk memiliki sistem informasi desa sebagai pendukung dalam operasi sehari-hari untuk mengelola aspirasi masyarakat, dan berkomunikasi secara aktif. Melalui penelitian ini, suatu sistem informasi pelaporan keluhan berbasis web akan dirancang dengan metode Software Development Life Cycle (SDLC). Kegiatan dan sistem yang telah dikembangkan akan dievaluasi dengan kuesioner yang diberikan kepada mitra. Sistem keluhan yang telah dikembangkan tidak hanya dapat menerima dan menyimpan keluhan dan aspirasi masyarakat, tetapi juga memprioritaskan dan memonitor status dari setiap keluhan yang masuk. Hasil dari pengabdian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem keluhan telah diterima dengan sangat baik. Masyarakat dan mitra menunjukkan dukungan positif terhadap sistem yang dinilai dapat membantu dan mempermudah penyaluran aspirasi. Sistem pelaporan pengaduan di-deploy ke cloud hosting dan diserahkan kepada administrator sistem kelurahan Tanjung Sari untuk dipelihara dan dikembangkan lebih lanjut oleh pemerintah daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles