Perancangan Video Profile Jurusan Busana di SMK Negeri 2 Batam
DOI:
https://doi.org/10.37253/nacospro.v5i1.8023Keywords:
Video Profile, MDLC, Fashion Department, PromotionAbstract
SMK Negeri 2 Batam merupakan sekolah kejuruan yang berlokasi di Jalan Pemuda no. 5 batam centre Kodya Batam provinsi Kepulauan Riau dan di bangun pada 1 Juni 2006. SMK Negeri 2 batam memiliki beberapa jurusan seperti, perhotelan, kuliner, Usaha Layanan Pariwisata, Busana, dan kecantikan. SMK Negeri 2 Batam didirikan memiliki tujuan sebagai upaya memadai penyediaan tenaga kerja sesuai bidangnya. Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi berkembang sangat pesat sehingga terdapat inovasi baru yang harus kita pelajari agar tidak tertinggal. Dari segi pemasaran, media sosial dipercaya dapat meningkatkan citra usaha sehingga pada penelitian ini penulis merancang sebuah video profil untuk dijadikan sebagai sarana promosi bagi SMKN 2 Batam. Penulis terlebih dahulu mendiskusikan kepada mitra serta menyusun konsep, alur dan ide untuk keperluan video yang akan dirancang. Penulis melakukan perekaman video menggunakan kamera Sony A6000 di SMK Negeri 2 Batam dan setelah itu dilanjut dengan proses editing menggunakan Adobe Premiere Pro 2021. Hasil video profil busana tersebut mendapatkan respon positif dan diterima dengan baik oleh mitra. Luaran dari video profil busana yang berdurasi kurang lebih 2 menit, berisikan informasi mengenai jurusan busana yang ada di SMK Negeri 2 Batam seperti fasilitas yang telah disediakan, kegiatan praktik, visi dan misi, serta hasil karya yang dihasilkan oleh murid yang telah dibimbing dalam kegiatan praktik belajar tersebut.