Perancangan dan Implementasi Media Pembelajaran Housekeeping di SMK Negeri 2 Batam Menggunakan Metode MDLC
DOI:
https://doi.org/10.37253/nacospro.v5i1.7984Keywords:
Learning Technology, Video Based, Learning Media, HousekeepingAbstract
SMK Negeri 2 Batam merupakan sebuah lembaga pendidikan yang menawarkan program kejuruan ilmu akuntansi, tata rias, tata boga, tata busana, pariwisata, dan perhotelan. Sekolah ini dibangun sejak tahun 2006 dan telah meraih akreditasi “Aâ€. Perkembangan teknologi pembelajaran telah mengalami kemajuan yang signifikan dan membuka peluang bagi pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif bagi siswa. Namun, hal ini memunculkan permasalahan baru kepada institusi pendidikan khususnya pada program keahlian housekeeping di SMK Negeri 2 Batam bahwa para siswa merasa bosan dan kurang termotivasi terhadap pembelajaran yang masih menggunakan metode yang tradisional. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengatasi permasalahan ini dengan membuat video media pembelajaran program keahlian housekeeping di SMK Negeri 2 Batam. Untuk pengumpulan data, digunakan metode wawancara secara langsung dengan mitra SMK Negeri 2 Batam, serta menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam perancangan video media pembelajaran. Perancangan tersebut menggunakan aplikasi Canva Pro dan Adobe Premiere Pro. Video dengan durasi 5 menit ini berisi materi yang sesuai dengan kebutuhan mitra dan elemen-elemen multimedia yang menambah nilai visual dan interaktif. Respon terhadap video media pembelajaran yang telah dirancang sangat positif dan diterima dengan baik oleh mitra.