Magang Guru Tamu RPL Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek SMK Multistudi High School Batam
DOI:
https://doi.org/10.37253/nacospro.v5i1.7965Keywords:
Apprenticeship, teaching, rpl, soft skill, hard skillAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengalaman magang sebagai guru tamu jurusan rekayasa perangkat lunak (RPL) di SMK Multistudi High School Kota Batam. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada penulis untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka dengan mahasiswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga memberikan manfaat kepada penulis dalam melatih mental dalam dunia pekerjaan dan memberikan pandangan baru tentang dunia mengajar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menyimpulkan bahwa kegiatan ini memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan pengalaman belajar penulis baik dalam bidang soft skill maupun hard skill. Saran dari penulis untuk kegiatan pengabdian berikutnya yang mengambil topik yang sama adalah untuk memperhatikan karakteristik siswa di sekolah, sehingga dapat mengembangkan materi pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif dan dapat memberikan manfaat yang lebih besar.