Magang Bersertifikat: UX Designer pada PT. Global Tiket Network

Main Article Content

Tony Wibowo
Vivien Christy Apriyanti

Abstract

Kualitas desain UI/UX (user interface/user experience) dari aplikasi dan website mempengaruhi performa dari aplikasi atau website tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa dalam menciptakan dampak positif terhadap keberlangsungan penjualan dalam suatu e-commerce, diperlukan tampilan desain interaksi yang menarik dan menyenangkan, sehingga dapat menciptakan emosi positif pengguna. PT. Global Tiket Network (tiket.com) yang merupakan salah satu pionir Online Travel Agent (OTA) di Indonesia tentunya menyadari bahwa kualitas desain mempengaruhi performa bisnis. Maka dari itu, tiket.com selalu mengembangkan kualitas desain dari aplikasi maupun website-nya. Sebagai pemagang di PT. Global Tiket Network, penulis mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan salah satu area desain di produk Hotel. Dengan adanya begitu banyak pilihan yang tersedia pada Search Result Page (halaman hasil pencarian), pengguna cenderung mengalami choice overload yang berujung pada analysis paralysis. Hal ini membuat pengguna sulit untuk menentukan hotel pilihannya. Oleh karena itu, penulis sebagai pemagang UX Designer merancang desain UI/UX aplikasi tiket.com yang dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut, yaitu Personalized Search Result Page. Penulis merancang desain aplikasi dengan metode Design Thinking, menggunakan tool Figma. Meskipun tidak dapat diuji langsung kepada pengguna, hasil dari desain yang telah dirancang mendapatkan respon positif dari para Senior Designer.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles