Analisis dan Perancangan Pengembangan Sistem Manajemen Inventaris (Sepekan) Pada PT. Pundi Mas Berjaya

Main Article Content

Suwarno Suwarno
Annisya Putri Nadhia

Abstract

Penggunaan sistem informasi hadir dalam memberikan dukungan aktivitas menjalankan proses bisnis dalam melakukan suatu usaha yang semakin praktis dan cepat. Penerapan sistem manajemen inventaris perusahaan merupakan salah satu contoh penggunaan sistem informasi yang membantu perusahaan. Perusahaaan sering menghadapi tantangan dalam memanajemen atau mengelola inventaris yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri. PT. Pundi Mas Berjaya merupakan sebuah perusahaan yang menyedia solusi bisnis berbasis teknologi informasi. Sebagai perusahaan, PT. Pundi Mas Berjaya memiliki banyak barang inventaris yang tersebar di lokasi yang berbeda.  Oleh karena itu, dibutuhkan implementasi sistem manajemen inventaris yang dapat megatasi permasalahan perusahaan dalam memastikan keberadaaan barang inventaris sehingga terhindari dari kekurangan atau kelebihan stok barang, kesulitan mengetahui lokasi barang, kehilangan barang inventaris, serta masalah lainnya yang dapat memberikan dampak negatif bagi perusahaan. Metode penelitian dalam perancangan sistem yang digunakan oleh penulis yaitu metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model prototype. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah sistem manajemen inventaris bernama SEPEKAN yang memberikan kemudahan kepada perusahaan dalam mengatasi kesulitan memanajemen inventaris yang dapat mencatat arus pengelolaan barang inventaris dengan lebih praktis, akurat, dan mudah diakses secara real-time.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles