Perancangan dan Implementasi Media Pembelajaran Kimia di SMA Katolik Yos Sudarso Menggunakan Metode MDLC

Main Article Content

Mettatama Gandha Puspita
Heru Wijayanto Aripradono

Abstract

Terdapat 2 faktor penunjang yang berperan sangat penting untuk kemampuan siswa memahami materi pembelajaran, yakni kapasitas tenaga pendidik dan media pembelajaran yang digunakan. Di SMA Katolik Yos Sudarso penulis menemukan persoalan terkait media pembelajaran khususnya mata pelajaran Kimia, dimana metode belajar masih menggunakan metode mengajar tradisional yaitu 'teacher center' dan hanya menggunakan media buku cetak dan papan tulis sehingga yang terjadi adalah proses belajar mengajar hanya satu arah saja dan minim antusiasme siswa selama pembelajaran. Maka dari itu penulis merancang media pembelajaran Kimia berbasis video yang memuat visual bergerak, audio, dan penjelasan materi yang mudah dipahami dengan menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan data kemudian penulis menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle (MDLC) untuk perancangan video. Perancangan ini menghasilkan luaran video media pembelajaran kimia berdurasi 5 menit. Setelah diserahkan kepada mitra kemudian dilakukan implementasi, perancangan video media pembelajaran Kimia mendapat tanggapan yang positif dari mitra dan siswa SMA Katolik Yos Sudarso.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles