Prosedur Pemulihan Berkas Penolakan Balik Nama Sertifikat Melalui Aplikasi Loket Bpn Online Di Kantor Notaris Anly Cenggana, S.H

Main Article Content

Cindy Tan
Ninne Zahara Silviani

Abstract

Proyek laporan kerja praktik ini merupakan suatu kegiatan PkM yang dirancang untuk mengatasi permasalahan yang muncul di Kantor Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Anly Cenggana, S.H., Kantor ini menyediakan jasa balik nama sertifikat, akta hibah, pewarisan, akta pendirian dan pembubaran perseroan terbatas, perjanjian dan lainya. Seiring dengan perkembangan zaman, tentunya prosedur yang ada mengalami perubahan, salah satunya adalah prosedur balik nama sertifikat yang dahulunya diproses secara tatap muka melalui loket Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) kini mengalami perkembangan yaitu suatu aplikasi yang dikenal dengan Loket BPN Online. Dengan adanya perubahan tersebut mengakibatkan munculnya permasalahan baru berupa penolakan berkas balik nama sertifikat melalui Loket BPN Online. Berdasarkan hal tersebut pelaksana menggunakan metode penelitian yang bersifat empiris untuk mengatasi permasalahan yang muncul, Pelaksana mengamati kondisi yang terjadi serta di lingkungan kantor, sehingga pelaksana mampu melakukan penelitian dan menggali berbagai informasi yang datanya berkaitan dengan penyelesaian permasalahan yang ada.


Perancangan kegiatan dalam melaksanakan kegiatan ini telah melalui 3 (tiga) tahap penyusunan yang terdiri dari pelaksanaan, penilaian dan  pelaporan hasil dari laporan luaran kerja praktek. Luaran kegiatan yang dihasilkan (output) dari kegiatan ini berupa brosur dan flowchart yang berisi mengenai syarat- syarat yang dibutuhkan oleh masyarakat ketikan akan melakukan proses AJB, kemudian berisi mengenai alur yang harus ditempuh untuk memulihkan berkas penolakan balik nama sertifikat pada aplikasi Loket BPN Online. Output yang dihasilkan tentunya diharapkan dapat memberikan efek yang positif dan dapat menciptakan suatu sistem pengurusan permohonan yang lebih efisien dan efektif bagi pegawai Notaris dan PPAT serta tidak lain bagi masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles