Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Kimia Berbentuk Animasi 2d Di SMA Kartini Batam Menggunakan Metode MDLC

Main Article Content

Jimmy Pratama
Rayden Vebrianto

Abstract

SMA Kartini Batam adalah salah satu sekolah menengah atas swasta di Batam yang sudah terakreditasi A. Sehubungan dengan situasi pandemik yang terjadi karena COVID-19, SMA Kartini menerapkan sistem PJJ untuk waktu yang cukup lama. Dampak dari penerapan PJJ ini adalah tidak maksimalnya penyampaian materi yang disampaikan karena keterbatasan dari PJJ, dan salah satu mata pelajaran yang mengalami kesulitan tersebut adalah Kimia. Oleh karena itu, penulis merancang sebuah media pembelajaran berupa video animasi 2D, dan setelah dilakukan wawancara dengan guru penanggung jawab diputuskanlah bahwa materi yang akan dicakup adalah atom, molekul, dan ion. Kegiatan ini menggunakan metode MDLC dalam pengembangan media yang dibuat. Setelah implementasi disebarkanlah sebuah kuesioner untuk mengukur kepuasan murid sebagai pengguna yang total respondennya adalah 60 orang. Hasil dari kuesioner tersebut adalah 78% murid merasa bahwa media pembelajaran yang dibuat sudah cukup bagus, dan 22% lainnya merasa belum cukup.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles