Perancangan Dan Implementasi Video Profile Di Sekolah Sma Kartini Batam Menggunakan Metode MDLC

Authors

  • Jimmy Pratama Universitas Internasional Batam
  • Kendy Junianto Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/nacospro.v4i1.7066

Keywords:

Video Profile, Promotion, Multimedia Development Life Cycle, Company Profile

Abstract

Video profile merupakan sebuah cara untuk mengenalkan atau menyampaikan informasi secara persuasive dan mempromosikan diri melaui media visual kepada masyarakat. Dengan berkembangnya video profil mendorong banyak perusahaan mendorong untuk melakukan pembuatan video profil kepada calon relasi ataupun konsumen untuk meningkatkan pemahaman mereka dalam suatu perusahaan. SMA Kartini Batam merupakan sekolah menegah atas swasta yang memiliki tujuan untuk menanggulangi masalah pendidikan di kota Batam. Sekolah tersebut memiliki video profil yang sudah tidak relevan dengan perkembangan SMA Kartini Batam pada saat ini. Tujuan penelitian ini adalah merancang media video profil untuk melakukan peremajaan terhadap video tersebut untuk mengenalkan sekolah kepada masyarakat lebih luas. Metode penelitian yang digunakan dalam merancang video profil adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan memiliki 6 tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Kartini Batam diterkenal oleh masyarakat lebih luas khususnya di kota Batam. Penulis mensarankan untuk terus melakukan peremajaan video profil untuk memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat.

Downloads

Published

2022-09-27