Perancangan Dan Implementasi Video Pembelajaran Sosiologi Di Sma Kartini Batam Menggunakan Framework Scrum

Authors

  • Tony Wibowo Universitas Internasional Batam
  • Sherley Sherley Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/nacospro.v4i1.7055

Keywords:

learning media, Sociology, Scrum, variation, learning video

Abstract

SMA Kartini adalah sekolah menengah atas yang telah berdiri sejak tahun 1983 dan merupakan SMA tertua di Kota Batam yang telah berhasil meraih akreditasi A. Sejak pertama kali berdiri, SMA Kartini menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan yang dapat dipercaya dalam menyediakan jasa pendidikan kepada masyarakat Kota Batam. Seiring perkembangan teknologi, lembaga pendidikan dituntut semakin inovatif dalam menyediakan pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa. Oleh karena itu, perlu untuk dilakukan pembaruan dan variasi pada media pembelajaran. Selain itu juga didukung dengan situasi pandemi saat ini yang mengharuskan proses belajar mengajar berjalan secara daring (online). Media pembelajaran yang dirancang adalah video animasi mata pelajaran Sosiologi tentang Penerapan Penelitian Sosial Berbasis Pemecahan Konflik dan Kekerasan dengan metode Scrum. Video berdurasi sekitar empat menit yang dirancang menggunakan aplikasi Adobe Illustrator CC 2018, Adobe After Effects 2022, dan Adobe Photoshop CS6 serta di-render menggunakan aplikasi Davinci Resolve 17. Hasil video dengan format Mp4, resolusi 1280x720, dan frame rate 24 fps. Tujuan penulis melakukan perancangan dan pembaruan pada media pembelajaran adalah untuk menyediakan media pembelajaran yang inovatif dan variatif. Dengan video pembelajaran ini, diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-27